Tuesday, 20 November 2018

Mantan Tukang Koran Jadi Anggota Kompolnas

Sabtu, 19 Mei 2012 — 0:27 WIB
ilusmantan

JAKARTA (Pos Kota) – Wartawan Pos Kota Edi Saputra Hasibuan dipercaya menjadi anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Keputusan tersebut diungkapkan Menko Polhukam, Djoko Suyanto, Jumat (18/5).“Sesuai Keppres No.61/2012 tertanggal 16 Mei 2012,” kata Edi Hasibuan.

Edi Hasibuan, yang setiap hari meliput berita di Polda Metro Jaya dan Mabes Polri, terpilih mewakili tokoh masyarakat bersama Dr. Hamidah Abdurrahman dan Dr.Nasser. Sedangkan dari unsur pakar kepolisian terpilih Prof.Drs.Adrianus Meliala, Irjen (Pur) Logan Siagian, dan Brigjen (Pur) Syafriadi Cut Ali.

Enam anggota itu akan bekerja untuk masa bhakti 2012-2016 dengan Menko Polhukamsebagai ketua/angggota dari undur pemerintah, Mendagri (wakil ketua/angggota dari unsur pemerintah).

Edi menjadi wartawan Pos Kota sejak 1993. Sepanjang waktu itu, sarjana komunikasi Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik (IISIP) ini bertugas di instansi kepolisian, mulai tingkat polsek, polres, Polda Metro Jaya, dan Mabes Polri.

Bapak dua anak yang lahir pada 13 April 1968 ini juga pernah bertugas bersama polisi mengungkap jaringan narkoba di Pakistan pada 2001, yang melibatkan wanita Indonesia .

Ia juga dipercaya rekan sesama wartawan untuk menjadi Ketua Forum Wartawan Polri (FWP) pada 2002 hingga 2004 dan 2012 hingga 2012.

JUALAN KORAN

Pada awal kuliah, Edi sempat menjadi tukang koran yang menjajakan dagangannya di atas bus dari Terminal Pasar Minggu hingga Lenteng Agung, Jagakarsa dan sekitarnya. “Ini saya lakukan karena orangtua sudah tidak mampu lagi membiayai kuliah,” katanya.

Setahun jualan koran, nasibnya berubah saat bertemu seorang dosen di atas bus. Dosen ini membawa Edi kepada Rektor IISIP saat itu, HM Hoetasoehut. Edi pun diterima sebagai office boy di kampus. Meski begitu, ia tetap tekun kuliah hingga bisa menyelesaikannya dengan nilai baik.

“Alhamdulillah, ini amanah Allah SWT yang harus saya emban. Saya berharap Kompolnas dan Polri saling bersinergi dalam melaksanakan tugas, “ kata Edi, yang akrab disapa Babang.

PRESTASI

Pemimpin Redaksi Pos Kota, H. Joko Lestari menyampaikan kegembiraannya atas prestasi yang diraih Edi Hasibuan. “Edi meneruskan tradisi beberapa wartawan Pos Kota yang berpikrah di tingkat nasional, baik yang pernah menjabat Ketua PWI Pusat, PWI Jaya, menteri, anggota DPR, komisi informasi nasional dan lainnya,” ujarnya.

Menurut Joko Lestari, dengan latar belakangnya seorang wartawan, diharapkan Edi Saputra Hasibuan dapat meningkatkan kinerja Kompolnas di masyarakat. “Ia sudah biasa melakukan investigasi di lapangan. Nah, dengan pengalamannya ini bisa dilakukannya di Kompolnas.”

“Selama ini, masyarakat banyak yang belum merasakan keberadaan Kompolnas. Mereka menilai Kompolnas sebagai corong Polri. Karena itu, perlu diperbaiki lagi agar Kompolnas dapat menjadi pijakan masyarakat jika terkait dengan kepolisian,” tegasnya.
(tiyo/b)

Teks :Edi Saputra Hasibuan, wartawan Pos Kota, yang dipercaya menjadi anggota Kompolnas. (tiyo)