Wednesday, 13 December 2017

Ranjau Paku Terus Hantui Warga

Sabtu, 19 Mei 2012 — 22:40 WIB
ilusranjau

GAMBIR (Pos Kota)- Meski sudah diturunkan tim relawan sapu bersih (saber) ranjau paku, kawasan Jakpus masih tetap rawan ranjau paku.
Beberapa lokasi yang rawan ranjau paku antara lain jalan KH Hasyim Ashari, Jalan Tanah Abang I, Jalan Gatot Subroto, Semanggi, Jalan Suprapto hingga kawasan Istana Negara.

“Saya pernah sampai dua kali nambal ban sehari,” umpat Udin, warga Senen.

Ranjau paku ditemukan tidak hanya pada hari kerja. Pada hari libur saja, banyak motor menjadi korban ranjau paku. Hanya jumlahnya tidak sebanyak hari kerja.

“Bingung saja, kok ada ya yang tega nyari duit dengan cara mencelakakan orang lain,” sambungnya.

SEMUA WILAYAH
Wakil Ketua Komunitas Relawan Sapu Bersih (Saber) Ranjau Paku, Abdul Rohim mengatakan hampir semua wilayah di Jakpus rawan ranjau paku. Namun justeru kawasan yang paling rawan adalah dekat Istana Negara. “Operasi ranjau paku berkali-kali kita lakukan,” katanya.

Sekali operasi, kata Abdul Rohim, biasanya didapat rata-rata 1 kg paku berbagai jenis dan ukuran. Mulai dari yang ukuran 3 cm hingga potongan rangka atau paku payung.

Wakil Walikota Jakarta Pusat, Fatahillah mengatakan untuk mengatasi persoalan ranjau paku ini pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk aparat kepolisian dan Satpol PP. “Kita sudah sering dapat keluhan soal ranjau paku,” pungkasnya. (inung/b)