Tuesday, 13 November 2018

Usai Hajatan Sunatan

79 Warga Keracunan Makanan

Minggu, 20 Mei 2012 — 16:55 WIB
infus-sub

SUKABUMI (Pos Kota) – Sedikitnya 79 warga Kampung Cigadog RT 02/06, Desa Bantarkalong, Kecamatan Warungkiara, Jawa Barat, keracunan usai menyantap makanan dari hajatan sunatan warga. Hingga Minggu (20/5), ada 22 orang yang masih menjalani perawatan medis.

Informasi yang dihimpun,  keracunan massal tersebut terjadi pada Sabtu (19/5). Seluruh warga yang menyantap makanan dari salah seorang warga itu mencapai 118 orang. Namun, dari jumlah itu hanya 79 orang yang mengalami gejala keracunan berupa mual-mual, pusing, hingga muntah-muntah.

“Umumnya kondisi warga yang keracunan sudah membaik. Tinggal 22 orang yang masih menjalani perawatan medis,” kata Kepala Puskesmas Ela Melaniati.

Disebutkan Ela, korban keracunan mendapatkan perawatan berupa pemberian cairan infus. Dari 22 pasien korban keracunan ini bahkan tiga di antaranya akan dirujuk ke RSUD Sekarwangi, Kecamatan Cibadak karena kondisi kesehatannya memerlukan penanganan lebih lanjut di rumah sakit.

“Untuk memastikan sumber keracunan, makanan dari syukuran acara khitanan telah dibawa Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk diteliti lebih lanjut di laboratorium sebagai simple. Selain itu dinkes juga mengambil sampel air di sekitar warga itu,” tegasnya.

(sule/sir)

Teks Gbr-Ilustrasi