Monday, 19 November 2018

87% Pasien yang Berobat di RSUD Koja Pakai Kartu Gakin

Rabu, 23 Mei 2012 — 22:39 WIB
*ist

*ist

KOJA (Pos Kota) – Sebanyak 800 pasien setiap hari mendatangi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja untuk berobat atau kontrol. Dari jumlah itu 87 persen diantaranya memakai memakai  kartu kartu keluarga miskin (Gakin)  dan  surat keterangan tidak mampu (SKTM) dan selebihnya tidak.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur RSUD Koja, Togi Asman Sinaga, menurutnya RS Koja merupakan rumah sakit yang termasuk kelas B yang memiliki 19 pelayanan spesialisasi yang memiliki ICU, IGD dan lain-lain.

”Setiap hari di RS Koja ada sebanyak 800 pasien perhari datang ke rumah sakit ini. Dari jumlah itu 87 persennya adalah penjamin menggunakan kartu Gakin, dan SKTM.  Dengan adanya kartu itu semua pelayanannya ditanggung pemerintah alias gratis. Bahkan rawat jalan dan rawat inap sampai pasien itu sembuh ditanggung. Kalau SKTM sesuai dengan aturan Dinas Kesehatan. Semua itu berlaku untuk pasien-pasien bila ada penjaminnya dan itu akan dilayani,” kata Togi, Rabu (23/5).

Rata-rata para pasien yang kerap dijumpai selama ini yakni penyakit Neurologi, seperti stroke, jantung, diare, saluran pernapasan, dan juga kecelakaan.

Menyinggung soal  Kapasitas pasien, di RS Koja dulu 280 tempat tidur, tapi sekarang telah meningkat menjadi 501 tempat tidur yang 400 tampat tidur diantaranya dipakai untuk pasien penjamin.  Tim ahli seperti dokter di RS Koja ada 68 dokter, diantaranya 28 dokter umum dan 40 dokter spesialis.

Menanggapi terkait adanya keluhan pelayanan pasien, lanjut Togi, memang ada keluhan, seperti pasiennya penuh sehingga tidak kebagian tempat tidur. Namun, untuk mengatasinya pihaknya merujuk pasien tersebut kerumah sakit daerah lainnnya.  (wandi/dms)