Monday, 19 November 2018

Jangan Biarkan Jalan Rusak Parah

Kamis, 24 Mei 2012 — 13:45 WIB
jl

DINAS Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mencatat dari 1.850 km panjang jalan yang dikelola pemerintah daerah, sebagian besar di antaranya rusak, yakni sekitar sekitar 1.150 km. Selebihnya masih lumayan.

Penyebab kerusakan jalan, salah satunya adalah faktor bencana alam seperti longsor, pergeseran tanah, serta banjir.
Selain itu, anggaran perbaikan ternyata tidak sebanding dengan pengalokasian dalam APBD.Salah satu harapan untuk perbaikan menyeluruh, bila ada bantuan dari APBD Provinsi dan APBN.

Semestinya, jalan jangan dibiarkan sampai rusak parah baru diperbaiki, karena akan menyebabkan biaya perbaikan membengkak.
“Dana yang dibutuhkan untuk perbaikan jalan mencapai Rp450 miliar. Sedangkan anggaran kabupaten paling cuma puluhan miliar. Jadi tak sebanding,” kata seorang pejabat di Dinas PU Kabupaten Sukabumi.

“Sebaiknya, perbaikan jalan jangan sampai sudah parah baru dilakukan. Kalau ada yang rusak cepat perbaiki, jadi tidak menelan biaya terlalu besar,” sambungnya.

Selama ini, perbaikan atau pengaspalan lebih ditujukan pada jalan-jalan strategis yang dilintasi angkutan umum, wisata, atau jalan penghubung antardaerah. Sementara untuk kerusakan pada jalan nasional atau provinsi diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing tingkat pemerintahan.

(sule/ds)