Monday, 16 September 2019

Produk Suku Cadang dan Aksesoris Indonesia Mulai Menggoda Dunia

Kamis, 24 Mei 2012 — 9:09 WIB
acesoris

KUALITAS produk spare part (suku cadang) dan aksesoris kendaraan bermotor buatan Indonesia mulai menggoda perhatian 20 pengusaha dari Asia dan Timur Tengah.

Mereka tertarik membeli beragam produk spare part yang ditampilkan para pengusaha Indonesia dalam pameran Auto Parts & Accessories (TAPA) yang di BITEC, Bang Na, Thailand, April lalu.

”Kualitasnya bisa diandalkan bahkan tidak kalah dengan yang diproduk di luar,” ungkap Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag), Pradnyawati.

Bahkan ternyata beberapa original equipment manufacture (OEM) juga sudah digunakan beberapa produsen mobil ternama. Beberapa diantaranya adalah merek Toyota, Honda, Suzuki dan Daihatsu. Merek-merek ini sudah lama menggunakan suku cadang maupun asesoris buatan Indonesia. Tidak hanya yang beredar di Indonesia tetapi juga untuk ekspor.

BISA BERSAING

”Ini artinya spare part dan aksesoris buatan dalam negeri  mampu bersaing dengan produk sejenis dari negara lain seperti Taiwan, China dan Thailand,” tambahnya.

Empat hari pameran di negara tetangga itu, paviliun Indonesia dijejali pengunjung dari berbagai negara. Misalnya ada masyarakat dari Mesir, Pakistan, Arab, China, Vietnam, Senegal, Singapura, Hong Kong. ”Bahkan orang-orang dari Indonesia yang tinggal di negara itu juga banyak yang singgah dan menyesaku ke paviliun Indonesia,” jelas Pradnya. ”Saya kira mereka juga bangga dengan produk Indonesia yang mendapat pengakuan.”

(setiawan/us)