Sunday, 18 November 2018

Antrean Truk Terjadi Lagi di Pelabuhan Merak

Jumat, 25 Mei 2012 — 23:21 WIB
antrean copy

MERAK (Pos Kota) – Meningkatnya pengiriman barang ke Pulau Sumatera menyebabkan Pelabuhan Merak dipadati ribuan truk. Selain memadati areal parkir dermaga pelabuhan, antrian kendaraan truk angkutan barang nampak mengular di jalan Tol Tangerang-Merak, KM 97 atau sekitar 10 km dari gerbang Pelabuhan Merak. Selain aktifitas pengiriman barang meningkat, penumpukan truk juga disebabkan adanya perbaikan dermaga.

Plh Manajer Operasional PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Didi Juliansyah, Jum’at (25/5), mengatakan pihaknya sudah menambah kapal yang beroperasi, dari sebelumnya 21 kapal menjadi 23 kapal. Tapi penambahan kapal tidak mampu mengurai malah antrean truk angkutan barang makin panjang.

Didi mengatakan, antrean truk disebabkan meningkatnya jumlah kendaraan yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera. Peningkatan jumlah truk itu, berkaitan dengan Idul Fitri, yang mana truk itu kebanyakan mengangkut barang kelontongan dan tekstil.

Dijelaskan, antrean truk pada Kamis (24/5), hanya sampai jalan Cikuasa Atas, tapi satu hari kemudian antrean bertambah panjang hingga di dalam jalan tol Jakarta – Merak.

Didi mengatakan, jumlah kapal yang sedang melakukan docking sebanyak 6 kapal. Dan kemungkinan sebelum arus mudik Lebaran berlangsung atau sebelum puasa, kapal itu sudah dalam posisi baik untuk melakukan pelayanan pelayaran kepada penumpang. (haryono)