Monday, 24 September 2018

Jaksa Percepat Usut Kasus Dana PNPM

Jumat, 25 Mei 2012 — 13:46 WIB
uang

SUKABUMI (Pos Kota) – Pengusutan kasus dugaan korupsi dana pro program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) di Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dipercepat. Pasalnya, penanganan kasus ini masih dalam tahap penyelidikan dengan memintai beberapa keterangan saksi.

Penyelidikan sendiri difokuskan terhadap PNPN mulai 2007 hingga 2011  sebesar  senilai 10,3 miliar. Dari perkiraan sementara, kerugian negara akibat penyelewengan kasus ini mulai 2007 hingga 2011  sebesar Rp700 juta sampai Rp 1 miliar lebih dari total anggaran Rp10,3 miliar. Kerugian negara itu muncul berdasarkan pengakuan dari sejumlah saksi yang telah diperiksa.

Anggota tim penyelidik Kejaksaan Negeri Cibadak, Jaja Subagja, mengakui proses kasus dugaan korupsi PNPM masih tahap penyelidikan berupa pengumpulan keterangan saksi. Namun sejak satu pekan terakhir pemeriksaan saksi lebih dipercepat untuk peningkatan status penanganan dari penyelidikan menjadi penyidikan.

Menurut Jaja, pemeriksaan secara marathon ini dengan cara dalam satu hari memintai keterangan sedikitnya dua orang saksi. Para saksi itu berasal dari usur masyarakat, aparat desa sampai pengurus unit pelaksana kegiatan (UPK).
“Kami berharap penanganannya bisa ditingkatkan menjadi penyidikan,” kata Jaja.

Sebelumnya, Ketua Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) Kecamatan Caringin,  Epi Gunawan  menegaskan warga mendesak pengusutan tersebut dipercepat.  Menurut Epi, sejauh ini warga masih bersabar menunggu pengusutan kasus PNPM kelar.

“Kami khawatir, lambannya pengusutan kasus PNPM akan berimbas atau bahkan menghanguskan PNPM tahun 2012. Itu bakal terjadi apabila sampai batas waktu belum ada kejelasan tersangkanya,” kata Epi.

(sule/sir)