Mengurus KTP Hilang, Petugas Gebrak Meja

Sabtu, 26 Mei 2012 — 9:34 WIB
ktp-depan

SAYA warga Kelurahan Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, dompet saya hilang yang disertai surat-surat penting tentunya seperti KTP, SIM, dan ATM.

Ketika saya mengurus ke kelurahan dengan membawa bukti lapor polisi dan KK, ternyata tidak bisa dengan alasan harus ada keterangan lapor RT Dan RW.

Saya bilang, kan surat bukti lapor polisi sudah cukup karena sebelumnya juga begitu dan kalau harus lapor ke RT/RW apa fungsi lapor polisi, apa bukan kemunduran birokrasi?

Dan ternyata perkataan saya membuat petugas cewek kelurahan naik pitam dan berkata, “Pokoknya harus ada surat lapor RT/RW,” katanya sambil menggebrak meja.

Pertanyaan saya, beginikah cara petugas kelurahan yang notabene pelayan masyarakat dan digaji dengan uang rakyat bersikap arogan dalam melayani warganya.

Apalagi saya lihat wajahnya masih muda tentunya berpendidikan tinggi dan memiliki etika.
Masih muda saja kelakuannya arogan, bagaimana ke depannya?

Terima kasih.

Sutrisno Buyil
Jl. Salamun RT 07/RW 03 No. 24 ]
Pondok Ranggon, Jakarta Timur

  • Warga DKI

    Namanya siapa.. sekalian aja biar ditegur ama masyarakat..tidak perlu disembunyikan, jika Lurahnya yang memberikan contoh sekalian juga lurahnya yang di gebrak…

    • ChAerudin_fachri

      Harusnya kalo lewat prosedur yang benar semua tidak akan terjadi hormati dong RT Loe

  • http://www.facebook.com/people/Jemy-Afrizal/623758705 Jemy Afrizal

    Kami sarankan anda melaporkan petugas tsb kepada Kepala Kantor Lurah dengan tembusan Kepala Kantor Camat, Kepala Walikota dan Menteri PAN (peningkatan Aparatur Negara).Say setuju kalo pegawai yang seperti ini dibuang saja dan kalau perlu diganti dengan tamtan SMA

    • ChAerudin_fachri

      Saya ketua RT dan merasa terhina kalo ada warga yang belagu tidak mengikuti Perda yg ada ,emangnya nih jakarta milik nenek moyang Loe..

      • fissabil

        tenang cing rt………tanya dl sm orang kelurahannya…..bener atau gak tuh masalahnya

  • Michael bin Mamat

    petugas kelurahan bener, hrs ada pengantar RT/RW. Cuma cara melayaninnya yg salah. Masalahnya banyak KTP yg nembak.

  • Umarhadi

    emang sok dan belagu pegawai negeri sipil dri tingkat kelurahan sampai keatas INGAT mereka makan pake uang rakyat belum korupsinya negeri ini harus REVOLUSI

    • ChAerudin_fachri

      Prosedur dari kelurahan itu Betul cuma kadang orang tidak punya tata krama yg harus di patuhi di negeri ini kalo mau ngurus yach lewat RT dulu baru ke kelurahan emangnye nih negeri milik nenek moyang Loe

      • alie irenk

        emang bener harus lewat rt…. emang polisi ngurusin kependudukan apa,,,???

  • http://profile.yahoo.com/NQJVMEZL7MO2WCZEGPNN4RK3WA abdul

    Lha iyalah bener aja tuh petugas karena anda ngeyel di beritahu cara yang benar untuk permohon KTP baru, ada rt /rw dimana anda tinggal karena merekalah yng mewakili pemerintahan pusat dilingkungan anda tinggal, anda berpikirannya terlalu modern tapi naif dalam bertatakrama lingkungan. sejak kapan surat keterangan polisi jadi dasar permohonan urusan KTP. Makanya coy intropeksi dulu baru mengeluh, jadi anda terlihat bodoh banget , ngomongsih sampai tingkat birokrasi tapi justru wawasan anda yang sempit.
    Makanya jangan bikin ktp nembak, sekarang sudah jamannya e ktp, tau ngga e nya apa?? tanya lagi sama petugas kelurahan tadi biar anda diludahin, he he he

  • fissabil

    harap maklum aja bos…itu petugas kelurahan udah biasa makan duit recehan….bos sih gak kasih uang recehannya……..makanya urusan jd dipersulit…kan udah bukan rahasia lg klo kita ada keperluan dikelurahan..duit goceng aja di embat jg…..emang dasar mental tempe bos…

  • Yurike Bohay

    Semuanya rata rata pegawai kelurahan tidak tertib aturan,semaunya melayani masyarakat.tetapi bila ada yg ngasih uang tip baru giat,dan semangat….perlu tu pegawai dipecat aje .

  • http://www.facebook.com/people/Oey-Sugihantoro/100001554401256 Oey Sugihantoro

    saya mengharapkan smua hrs berkepala dingin dlm mengatasi segala masalah tdk boleh saling menyalahkan dengan perdamaian hidup kita bisa tenang dengan berbicara sopan dan menyapa dengan tersenyum enak dilihatnya,jangan selalu emosional tak ada untungnya yang rugi kita semua koh..

  • Xyz

    Secara prosedur memang harus ada surat pengantar RT/RW. Surat Polisi hanya menyatakan bahwa ybs telah kehilangan surat-surat. Sedangkan surat pengantar RT/RW diperlukan bahwa ybs tinggal dan menetap di wilayah itu, tidak hanya numpang alamat tapi tinggal dan menetap di wilayah lain. Kalau ybs memang benar tinggal dan menetap di wilayahnya , hubungan warga dgn RT/RW sudah saling kenal dan saling tahu dan pihak RT/RW harus membuatkan surat pengantar ke kelurahan. Lain halnya jika ybs hanya numpang alamat.

  • Ruslan

    Coba dicek dulu apakah memang prosedur yang berlaku dikelurahan seperti yg diutarakan petugas kelurahan itu benar atau salah, setelah itu apabila salah baru anda komplain ke atasannya, kalau memang prosedurnya demikian ya ikuti sajalah. jadi kita tidak pusing….ok.

  • ichwan toro

    pak sutrisno, surat dari polisi itu bukti sah saja kalau kita kehilangan, untuk pengurusan ke kelurahan memang harus ada surat dari RT RW karena untuk membuktikan bahwa ybs betul warga setempat. Ini bukan kemunduran prosedur tapi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

    Untuk petugas kelurahan harusnya bisa menjelaskan kepada warga masyarakat, bukan hanya sekedar mengatakan pokoknya dan lain lain.

    demikian semoga menjadi clear

  • sammy Quiko

    aduh itu artinya dia minta suap

  • http://www.facebook.com/johanes.chandracht Johanes Chandra CHt

    Di tempat saya , petugas RW nya minta sumbangan per bulan dengan alasan honor hansip. Tapi slip tanda terimanya hanya berupa fotokopi dan stempel fotokopi. Nama saya pun hanya ditulis tidak dengan benar. Harusnya pihak Kelurahan menertibkan para RT dan RW yang korup ….