Tuesday, 20 November 2018

Lumat Korsel 4-1

Del Bosque Jawab Keraguan Matador

Kamis, 31 Mei 2012 — 11:19 WIB
Vincente del Bosque, pelatih Timnas Spanyol. (reuters)

Vincente del Bosque, pelatih Timnas Spanyol. (reuters)

BERN (Pos Kota) – Perlahan tapi pasti, tim ‘Matador’ Spanyol mampu menjawab keraguan publik setelah kehilangan dua pilar andalan mereka, yakni David Villa (di lini depan) dan Carles Puyol (di lini belakang). Hal itu dibuktikan skuad asuhan Vicente del Bosque saat melumat Korea Selatan (Korsel) 4-1 pada partai ujicoba di Stadion De Suisse, Kamis (31/5/2012) dinihari WIB.

Hasil itu kian memantapkan langkah Spanyol ke Piala Eropa 2012 di Polandia-Ukraina dengan status sebagai juara bertahan. Sebagi pelatih tim juara bertahan yang berhasil menggondol trofi Piala Eropa 2008, tekanan yang dihadapinya pun tak main-main. Statistik sejarah menunjukkan tak ada negara yang mampu membawa pulang tiga trofi Piala Eropa. Namun Del Bosque tampaknya ingin mengubah sejarah sekali lagi.

“Menang untuk ketiga kalinya mungkin adalah tugas terberat, namun kami akan mewujudkannya. Dalam dua turnamen besar lalu, tim kami sempurna. Sekarang saatnya kami mengulang kehebatan kami,” kata Del Bosque yang juga memuji penampilan penyerang Chelsea, Fernando Torres yang sukses mencetak gol pembuka Spanyol atas Korsel pada menit ke-11, seperti yang dikutip Sky Sport, Kamis (31/5).

“Torres adalah satu dari pemain yang menawarkan kecepatan, pergerakan dan bermain kombinasi dengan rekan setim. Dia terlihat gembira dengan golnya dan ini bagus untuk semuanya,” lanjutnya.

Setelah menang 2-0 atas Serbia, akhir pekan lalu, menghadapi Korsel kali ini, Del Bosque kembali tidak memasukkan para pemain Barcelona dan Athletic Bilbao. Namun hasilnya cukup memuaskan. Buktinya, setelah Korsel berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 berkat gol Kim Do-Heon (43′), Spanyol mampu memastikan kemenangan 4-1 di babak kedua. Tiga gol tambahan Spanyol, masing-masing dilesakkan Xabi Alonso (penalti, 52′), Santiago Cazorla (56′), dan Alvaro Negredo (80′).

Tim Matador masih harus melakoni laga ujicoba menghadapi China, akhir pekan ini, sebelum berangkat ke Polandia-Ukraina. Di Piala Eropa 2012 nanti, Spanyol tergabung di Grup C, bersama Italia, Kroasia, dan Republik Irlandia. Skuad Del Bosque bakal menghadapi Italia pada laga perdana Grup C di GE Arena GdaƄsk pada 10 Juni mendatang.

(junius/sir)