Sunday, 18 February 2018

HKTI Harus Bisa Sejahterakan Petani

Kamis, 31 Mei 2012 — 17:11 WIB
petani-di-sawah

SUKABUMI (Pos Kota) – Para petani di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat bisa sedikit bernapas lega. Kondisi ini menyusul telah terbentuknya wadah para petani baru dalam wadah Himpunan Kerukutan Tani Indonesia (HKTI) diketuai oleh Acep Sopian.

Mereka berharap, kepengurusan HKTI yang dinahkodai Acep Sopian ini dapat menjembatani kepentingan para petani untuk meningkatkan kesejahteraan.

Sopian terpilih dalam Musyawarah Cabang Luar Biasa di Gedung Pendopo Sukabumi Minggu belum lama ini. Dalam musyawarah tersebut, Sopian menyingkirkan tiga kandidat lainnya dengan memperoleh 28 suara dari jumlah total 47 suara. Kandidat lainnya yakni Herwan Nugraha mendulang 10 suara, Cecep Setiawan memperoleh 8 suara, dan Edi Rahmat hanya mendapatkan 1 suara.

“Kami berharap dengan adanya kepengurusan baru ini lebih bisa memperhatikan kesejahteraan para petani. Selama ini kita sebagai petani merasa termaljirnalkan karena tidak ada wadah untuk berkomunikasi antar petani. Kondisi ini sudah lama,” kata Ketua KHTI Kecamatan Kabandungan Entis Sutisna kepada Pos Kota, Kamis (31/5).

Entis mengharapkan, pengurus HKTI terpilih untuk langkah awal menyiapkan kesekretariatan. Menurut Entis, keberadaan sekretariat sangat penting untuk tempat interaksi para petani. “Selama ini kami bingung untuk komunikasi sesama petani karena tidak ada tempat khusus,” keluhnya.

Ketua HKTI terpilih Cabang Kabupaten Sukabumi, Acep Sopian menuturkan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan membenahi struktur kepengurusan organisasi yang sudah ada. Termasuk juga menyiapakan kesekretariatan untuk menampung para petani.

“Pengurus baru akan berusaha untuk membawa perubahan yang harus dirasakan langsung oleh anggotanya. Termasuk pembenahan program maupun lainnya,” tegasnya.
(sule/dms)

Ketua HKTI Cabang Kabupaten Sukabumi, Acep Sopian