Wednesday, 19 September 2018

Menhan Hadiri Pertemuan ADMM ke-6 di Kamboja

Kamis, 31 Mei 2012 — 23:49 WIB
Menhan di Kamboja

JAKARTA (Pos Kota) – Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro  menghadiri ASEAN Defense Ministers’ Meeting (ADMM) di  Phnom Penh, Kamboja, kemarin. ADMM bertujuan meningkatkan kerjasama pertahanan dan keamanan di antara negara-negara ASEAN.

ADDM dilaksanakan setiap tahun dan merupakan mekanisme pertemuan pertahanan tingkat tinggi organisasi ASEAN dalam rangka mendukung program ASEAN Community 2015. Negara peserta ADMM adalah: Brunei Darussalam, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar,  Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Pertemuan ke-6 ADMM di Kamboja berlangsung selama tiga hari dimulai 28 hingga 30 Mei 2012. Pertemuan yang mengambil tema “Enhancing ASEAN Unity for a Harmonized and Secure Community” itu diketuai oleh Wakil Perdana Menteri  dan Menteri Pertahanan Kamboja Jenderal Tea Banh.

Isu yang dibahas pada pertemuan ADMM antara lain industri pertahanan, peace keeping center network, counter terrorisme dan Laut China Selatan.

Menhan Purnomo Yusgiantoro menyampaikan beberapa permasalahan keamanan regional di sana. Di antaranya rencana latihan counter terrorisme, table top dan practice exercise yang akan diikuti negara-negara ADMM Plus terdiri dari 18 negara.

Yakni: Brunei Darussalam, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar,  Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Amerika Serikat,  Australia, China, India, Jepang, Korea Selatan, Rusia, dan Selandia Baru.

Lebih lanjut Menhan mengatakan,  dalam pertemuan ADMM ke 6 tersebut  para Menhan se-ASEAN telah berkomitmen untuk mewujudkan Code of Conduct di Laut  China Selatan untuk menciptakan kawasan yang damai dan stabil.

Setelah pertemuan ADMM ke 6, Menhan RI bersama dengan Menteri Pertahanan se-ASEAN mengadakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan China Liang Guanglie. Pertemuan tersebut membahas peningkatan hubungan dan kerjasama pertahanan antara China dan ASEAN. (aby)