Tuesday, 13 November 2018

Terapi Cryosurgery Harapan Baru Buat Penderita Kanker

Sabtu, 2 Juni 2012 — 22:44 WIB
aby-sub

JAKARTA (Pos Kota) – Kanker ataupun tumor merupakan salah satu momok penyakit yang begitu ditakuti oleh manusia selain diabetes, hipertensi, ataupun jantung koroner.

Karenanya, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, telah banyak berkembang beberapa alternatif untuk menyembuhkan penyakit kanker atau tumor, salah satunya adalah metode Cryosurgery yang akan memberikan harapan baru untuk pasien tumor atau kanker stadium lanjut.

Terapi cryosurgery adalah teknik membekukan tumor hingga mencapai -160℃ kemudian baru dihangatkan kembali, sehingga membuat sel kanker rusak, dan proses pembekuan dapat membuat tumor kekurangan oksigen dan mati.

Cryosurgery sebenarnya adalah sejenis teknologi ablation, yang sangat bagus untuk pengobatan kanker paru, kanker hati, kanker pankreas, dan lain-lain.

“Luka yang dialami sangat kecil. Selain itu, pasien dalam keadaan sadar. Tidak ada rasa sakit sedikit pun dan waktu pemulihan sangat cepat,” kata dokter bedah ternama Indonesia Prof. Dr R. Sjamsuhidajat, SpB-KBD, dalam acara seminar ‘New Insight Cryosurgery in Cancer’ di MRCCC Siloam, Semanggi Jakarta, Sabtu (2/6). Seminar dibuka Wakil Menteri Kesehatan Prof Dr dr Ali Gufron Mukti.

Prof Sjamsu menjelaskan dengan adanya pengobatan metode Cryosurgery, penderita tumor stadium lanjut tetap memiliki harapan.
“Cryosurgery masih tetap dapat dilakukan, di mana pun posisi tumor atau kanker berada, bahkan di otak sekali pun,” jelas dia.

Prof Sjamsu menambahkan metode yang dilakukan  di bawah panduan layar CT ini hanya perlu memasukkan beberapa jarum yang mengalirkan gas argo helium dan menurunkan suhu.

Kemudian, dalam beberapa saat, sel tumor atau kanker akan membeku dan tidak aktif. Dalam proses tersebut, luka yang terjadi dapat diminimalisasi.

Selain itu, sambungnya, pasien dalam keadaan sadar, minim rasa sakit dan waktu pemulihan lebih cepat. Metode Cryosurgery dianggap lebih nyaman bagi pasien. “Melalui metode Cryosurgery, pasien kanker stadium lanjut dapat ditingkatkan kualitas hidupnya,” ungkap Prof Sjamsu.

Terapi beku (cryosurgery therapy) untuk kanker ini dibahas dalam acara seminar ‘New Insight Cryosurgery in Cancer, di RS MRCCC Siloam Semanggi, Sabtu (2/6).Topik ini dibahas oleh ahlinya, Prof Dr. Sjamsuhidajat,SpB, DR. Dr. Samuel J. Haryono, Sp.B (K) Onk, dan Dr Michael S Sabel. “Cryosurgery merupakan harapan baru pasien kanker,” urai  Sjamsu.

Apalagi lanjutnya, terapi konvensional, seperti pembedahan, kemoterapi, atau radioterapi, tak selalu bisa diandalkan menaklukkan kanker. Sel kanker pada separuh pasien yang ditangani dengan terapi konvensional tumbuh lagi, dan mengakibatkan kematian.

(aby/sir)

Teks Gbr- Wakil Menteri Kesehatan Prof Dr dr Ali Gufron Mukti (tengah) membuka seminar ‘New Insight Cryosurgery in Cancer’ di MRCCC Siloam, Semanggi Jakarta, Sabtu (2/6/2012). Pembicara seminar antara lain dokter bedah ternama Indonesia Prof. Dr R. Sjamsuhidajat, SpB-KBD. (aby)

  • http://www.facebook.com/people/Utomo-Prawiro/100000331352018 Utomo Prawiro

    apakah bisa untuk kanker getah bening juga ?