Wednesday, 21 November 2018

Rp 2 Miliar Untuk Bangun Patung MH Thamrin

Minggu, 3 Juni 2012 — 18:50 WIB
husni36

JAKARTA (Pos Kota) – Setelah menunggu hampir 12 tahun, kini harapan warga Jakarta memiliki patung pahlawan asal Betawi, Mohammad Husni Thamrin akhirnya terwujud. Ini setelah Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, meresmikan patung tersebut di ujung Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (3/6).

Menurut Fauzi, dibangunnya patung setinggi 7,3 meter tersebut merupakan permintaan dari warga Jakarta. “Saat saya mengikuti kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) banyak menanyakan kapan patung MH Thamrin dibangun? Dan sekarang aspirasi itu telah kami wujudkan,” ujar Fauzi.

Kebanyakan permintaan itu datang dari kalangan kaum muda yang ingin mengenal sosok pahlawan nasional asli dari daerahnya. Terlebih nama MH Thamrin, sejak jaman Presiden Soekarno telah digunakan sebagai jalan utama di ibukota. “Monumen ini mudah-mudahanan bisa menjawab aspirasi warga,” tandas pejabat yang akrab disapa Bang Foke ini.

Lebih lanjut ia, mengungkapkan peresmian patung MH Thamrin ini juga merupakan hadiah bagi Jakarta yang akan berulang tahun ke-485 pada 22 Juni mendatang.

Mengenai pembiayaan pembuatan patung ini menghabiskan dana sekitar Rp2 miliar. Uang tersebut bukan sepenuhnya diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) melainkan juga dari sumbangan beberapa donatur. Tercatat ada enam donatur yang menyumbang, yakni Nyoman Nanda, Azis Mochdar, Mardjoeki Atmadireja, Hartadi Angkosubroto, Trihatma Khaliman, dan Loemongga Haoemasan.

Loemongga Haoemasan, mengaku keterlibatannya dalam pendanaan patung ini didasari atas penghormatannya kepada pahlawan yang lahir di kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat tersebut. “Selama ini saya tinggal di Jakarta, dan sudah saatnya saya harus berbuat untuk Jakarta,” tandasnya.

Proses pembangunan patung MH Thamrin sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2000. Dengan diadakan sayembara pembuatan patung yang dimenangkan oleh pematung Ketut Winata. Patung dibuat dengan tinggi 4,5 meter dan pondasi setinggi 2,5 meter. Materi patung terbuat dari perunggu, yang dibuat dalam kurun waktu enam bulan.
Turut menghiasi patung terdapat kata bijak dari MH Thamrin yakni “Rasa keadilan yang dibangun dewasa ini sangatlah sulit untuk dicari kepercayaan kepada keputusan pengadilan termasuk salah satu sandaran utama negara yang sangat penting tetapi dengan banyaknya keraguan terhadap kenetralan institusi pengadilan, pemerintahan akan kehilangan salah satu pilar kekuatan untuk memelihara kedaulatan hukum”.(Guruh)

Teks : Gubernur DKI Fauzi Bowo usai meresmikan patung Husni Thamrin (toga)