Thursday, 20 September 2018

Warga Ulujami Atasi Banjir Dengan Lubang Resapan Biopori

Rabu, 6 Juni 2012 — 0:46 WIB
ulum56

PESANGGRAHAN (Pos Kota) – Ancaman banjir masih menghantui warga Jakarta termasuk Jakarta Selatan.

Salah satu kelurahan rawan banjir di Jaksel yakni Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan. Sedikitnya ada 5 RW rentan banjir yakni RW 01, 02, 03, 05 dan 07.

“Wilayah tempat tinggal kami memang langganan banjir akibat luapan anak Kali Pesanggrahan,” kata Ketua RW 01 Kelurahan Ulujami, Rahmat, Selasa (5/6).

Untuk mengurangi dampak banjir yang amat mengganggu aktivitas sehari-hari, warga kini menggenjot pembuatan lubang resapan biopori (LRB).

“Kami ingin hidup tenang dari ancaman banjir, salah satunya dengan memperbanyak LRB,” kata Misdiran, anggota Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) RW 01 Kel. Ulujami.

Terkait hal ini Ketua LMK Ulujami, Amirudin mengatakan, sepanjang normalisasi Kali Pesanggrahan belum rampung, kawasan Ulujami akan selalu kebanjiran.

“Meminimalisir dampak banjir, kami intens menggalang warga di 9 RW untuk bersama-sama membuat LRB sebagai resapan air sekaligus mengurangi genangan air saat hujan lebat,” paparnya.

Lurah Ulujami, Sri Emi Fariza menjelaskan 5 dari 9 RW di wilayahnya merupakan kawasan potensial banjir dengan ketinggian lebih dari 1,5 meter.

“Upaya mengurangi banjir telah sering dilakukan salah satunya dengan membuat LRB di 94 RT dari 9 RW,” ungkap bu lurah.

Kegiatan membuat LRB rutin diadakan warga lazimnya di saat kegiatan kerja bakti mingguan. Hingga kini di Kelurahan Ulujami sedikitnya sudah ada 7 ribu LRB yang dibuat warga bersama pamong, LMK dan instansi terkait. (Rachmi)

Teks : Warga sedang membuat lubang resapan biopori

  • http://www.facebook.com/people/Utomo-Prawiro/100000331352018 Utomo Prawiro

    Harus di contoh oleh daerah lain. terutama yang masih bisa di buat. Misal di Kemayoran, Monas, Taman mini, Ancol, dan lain lain.
    Ini juga bisa membantu meningkatkan air tanah