Monday, 22 July 2019

Dimeriahkan Tarian Kolosal

Presiden SBY Buka MTQN di Ambon, Besok Malam

Kamis, 7 Juni 2012 — 13:44 WIB
menag-sub

AMBON (Pos Kota) -Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional XXIV di Ambon  akan dimeriahkan dengan penampilan tarian kolosal yang menggambarkan masyarakat Maluku dari berbagai agama bergotong royong membangun mesjid.

“Tarian kolosal ini menggambarkan bahwa tradisi gotong royong di masyarakat Maluku sudah terjadi dalam membangun rumah ibadah,” kata Menteri Agama Suryadharma Ali yang ditemui di sela peninjauan pameran di arena MTQ, Ambon, Maluku, Kamis (7/6/2012) siang.

Suryadharma yang juga Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menegaskan, bahwa akar kerukunan sudah ada sejak dahulu kala di Maluku. “Jadi sebetulnya dalam hal kerukunan kita harus belajar dari Maluku,” papar dia.

Suryadharma menegaskan penyelenggaraan MTQ ini di Ambon menjadi bukti bahwa kerukunan kita sangat baik.

Menurut rencana MTQ Nasional XXIV akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)  pada Jumat malam, pk. 19:30 WIT atau pk. 17:30 WIB. Pembukaan itu akan berlangsung di Lapangan Merdeka, Ambon, Maluku, atau tepatnya di depan Kantor Gubernur Maluku.

Wakil Gubernur Maluku dan Ketua MTQ Nasional XXIV, Said Assagaf, menyatakan kafilah yang datang ke Ambon ini datang dari 33 provinsi seluruh Indonesia. Mereka jumlahnya 50 sampai 60  orang setiap provinsi  dan ditambah 3.000 orang jumlah rombongannya. “Jadil totalnya 5.000 orang yang datang ke Ambon,” papar Said mendampingi Suryadharma.

Menurut Said, ada 10 lomba yang diperebutkan dalam MTQ ini di antaranya, selain lomba tilawah, tartil  qira’at, Fahmil Quran, juga pidato dalam tiga bahasa, Indonesia, Arab dan Inggris, termasuk dengan tafsirnya dan lainnya.

(johara/sir)