Monday, 22 October 2018

Alan Dzagoev Calon Bintang Timnas Rusia

Sabtu, 9 Juni 2012 — 19:45 WIB
ilusalan

WROCLAWA (Pos Kota) – Timnas Rusia sukses mengawali laga pembuka Grup A dengan kemenangan telak 4-1 atas Republik Ceko, Sabtu (9/6) dinihari kemarin. Namun di balik performa apik yang diperagakan Rusia saat itu, rupanya ada sosok pemain cemerlang yang disebut-sebut bakal menjadi bintang masa depan tim dari negeri ‘Tirai Besi’ tersebut. Adalah Alan Dzagoev yang sukses memperkenalkan dirinya di laga pembuka Piala Eropa tahun ini.

Dipasang sebagai starter saat melawan Ceko yang berlangsung di Municipal Stadium, Wroclaw, Dzagoev sukses mempertontonkan kebolehannya dalam mengolah ‘si kulit bundar’. Pemain asal klub CSKA Moscow itu dua kali membobol gawang Ceko, kawalan kiper sekelas Petr Cech. Gol pertamanya di menit ke-15, sementara gol kedua dikemasnya sebelas menit menjelang laga bubar.

Dengan usianya yang baru menginjak angka 21, Dzagoev tercatat sebagai pemain termuda kedua yang pernah mendulang sepasang gol dalam satu pertandingan di Piala Eropa, setelah Wayne Rooney di usia 18 tahun di Piala Eropa 2004 silam. Seperti yang dilansir Opta, Sabtu (9/6). Pun, Dzagoev ogah jika dirinya dibanding-bandingkan dengan Rooney yang saat ini juga turut berlaga di Piala Eropa bersama timnas Inggris.

“Saya sangat menghormati Rooney. Dia adalah penyerang idola saya. Saya menyukai gaya dia bermain saat membela Manchester United dan Inggris. Tapi saya belum sebaik dia. Masih banyak yang harus saya lakukan untuk bisa tampil lebih baik di bersama negara saya di Piala Eropa. Ini adalah turnamen besar dan saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini untuk bisa membawa Rusia melangkah sejauh mungkin,” tandas Dzagoev, seperti disitat Reuters.

Meski mengaku belum bisa dibandingkan dengan Rooney, namun performa Dzagoev di lapangan hijau tetap mampu membius sejumlah kalangan sehingga berbagai pujian diarahkan kepadanya. Mantan pelatih Rusia, Guus Hiddink bahkan mangatkan jika Dzagoev punya kemampuan dalam memberikan umpan-umpan mematikan. “Dia menyatu ke dalam tim dengan baik. Dzagoev pemain cerdas yang punya kemampuan membuat umpan mematikan,” tutup Hiddink. (junius)