Wednesday, 22 May 2019

Syam D’lloyd Telah Tiada

Sabtu, 9 Juni 2012 — 15:57 WIB
Syam

JAKARTA (Pos Kota) –  Syam D’Lloyd, vokalis band legendaris D’Lloyd meninggal dunia, Sabtu (9/6) sekitar pukul 07.15.

Syamsuar Hasyim, nama lengkap  Syam,  meninggal akibat penyakit kanker paru-paru yang dideritanya, pada usianya yang ke-64.

Barce Van Houten (kiri) dan Syam D’lloyd (tengah).

Kabar meninggalnya beredar dari dari SMS Bartje Van Houten, pimpinan dan rekan almarhum. Menurut keterangan, Syam dirawat sejak 6 Juni 2012  di Rumah Sakit Islam Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Kabar duka tersebut langsung menyebar melalui pesan berantai. “Innalillahi wa inna ilaihi raaji’uun, telah meninggal dunia rekan kita musisi SAM D’lloyd di RS Islam Cempaka Putih jam 07.15,” tulis Bartje van Houten.

Bartje  menyatakan, grup D’Lloyd bakal konser di Palembang Sabtu (9/6) malam ini. Tetapi karena Syam masuk rumah sakit konser D’Lloyd batal.

Sebelumnya, 12 Mei lalu bersama D’LLoyd, Syam  masih manggung di Johor Malaysia. Bahkan, D’Lloyd masih punya jadwal konser di Palembang, Jakarta, Kuching (Malaysia) dan Cirebon.

D’Lloyd adalah grup musik legendaris yang terkenal di era 70-an, satu angkatan dengan Panbers, Mercy dan Koes Plus. Beberapa lagu hits mereka yang populer adalah Keagungan Tuhan, Tak Mungkin, Oh Di Mana, Karena Nenek, Semalam di Malaysia dan Cinta Hampa.

Lagu Apa Salah dan Dosaku, Hidup Dibui semuanya dilantunkan oleh vokal khas Syam,  yang berasal dari Minang, dan tak banyak berubah hingga kini.

D”LLoyd beranggotakan tujuh orang.  Bartje Van Hauten sebagai merupakan pimpinannya, sekaligus pemain gitar utama.  Syamsuar Hasyim, yang kemudian terkenal sebagai Syam D’lloyd sebagai penyanyi utama, Yustian pada gitar kedua, Andre Kasiman Gultom (flute) dan saksofon. Chaerul Daud (drum), Budiman Palunggun pada keyboard, serta Sangkan Panggabean (Papang) pada bas .

Jenazah  almarhum kini disemayamkan di rumah duka, di Jalan Kalibaru Timur V No.67 A, Bungur, Senen, Jakarta Pusat. Menurut rencana akan dimakamkan hari ini juga. (dms)