Senin, 11 Juni 2012 13:05:23 WIB

Awak KRI Dewaruci Ikut Lomba Masak dan Bola Pantai di Amerika

as-sub

NORFOLK (Pos Kota) – Norfolk-Berbagai kegiatan dan lomba digelar dalam rangkaian Operation Sail (Opsail) 2012 Virginia dan pada Sabtu (09/06/12) KRI Dewaruci mengikuti pertandingan sepak bola pantai dan lomba masak.

Sepak bola pantai dilaksanakan di Virginia Beach, tim KRI Dewaruci memikul nama Indonesia melawan tuan rumah melalui perwakilan dari awak kapal USCG Eagle dengan skor terakhir 8-5 dimenangkan oleh tim KRI Dewaruci. Pertandingan kedua, tim KRI dewaruci melawan negara Mexico dari tim kapal layar Cuauhtemox dengan skor terakhir 7-4 dimenangkan tim dari Mexico.

Pertandingan sangat meriah dan awak kapal sangat bersemangat karena Komandan KRI Dewaruci, Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto hadir ditengah-tengah mereka. Tim sepakbola kemudian melanjutkan pertarungan pada hari Minggu (10/06/12) di tempat yang sama.

Sementara tim sepakbola bertanding, di kapal layar kebanggaan bangsa Indonesia ini dilaksanakan juga lomba masak antar koki kapal. Lomba masak dipimpin langsung oleh Kepala Departemen Logistik (Kadeplog), Kapten Laut (S) Kustanto didampingi beberapa anggota Departemen Logistik (Deplog) antara lain Kopda Ttb Yaspan Hadi Saputro dan Kopda Ttb Parmo. Masing-masing koki dari KRI Dewaruci menggunakan pakaian adat, menambah unik perlombaan. Diawali dengan technical meeting oleh panitia yang dihadiri Kadeplog, dilanjutkan dengan memasak, bahan-bahan masak dibelanjakan oleh panitia dan tiap koki-koki dari peserta opsail 2012 diberi kebebasan untuk memasak dengan bumbu apapun sesuai khas negaranya.

 


Kali ini koki yang telah menyiapkan makanan 77 awak kapal selama hampir lima bulan pelayaran memasak tumis dan gule. Tumis yang dibuat dengan beberapa sayuran yang telah disediakan panitia diantaranya jamur, bayem, kacang buncis, jagung muda, ketimun kentang yang dicampur dengan kerang. Tak lupa membuat minuman dengan campuran gula merah, sirup rasa jeruk, santan, stroberry dan es batu serta diakhir menikmati makanan disajikan pencuci mulut yaitu agar-agar rasa coklat yang diberi santan.

Selama proses memasak koki dewaruci didampingi dari panitia sekaligus sebagai LO, Mike Ferell dan Mike mengakui kagum melihat ketangkasan koki dari Indonesia itu dalam meracik bumbu dan memasak. Ketika masakan sudah matang disajikan di geladak H (tengah) lalu datang tim penilai datang siap untuk mencicipi yaitu Sabra Young, Rai Riddle, Lorarine Aiton, Greg. Ketika ditanya prediksi kemenangan dalam lomba masak ini tim penilai tidak mau mengatakannya karena belum semua koki kapal peserta Opsail dinilainya dan akan diberitahukan lebih lanjut.


Selain dua kegiatan tersebut, Kadet AAL tingkat II yang tergabung dalam Kartika Jala Krida 2012 menampilkan Genderang suling Jala Gita Taruna mengelilingi Dermaga Town Point Park, Downtown, Norfolk, Amerika Serikat. Dan tak luput dari keramaian kapal latih milik TNI AL tersebut dipadati ribuan pengunjung yang ingin masuk dan melihat secara dekat kapal yang akan meninggalkan Norfolk pada 12 Juni mendatang.

(dispenal/syamsir)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.