Thursday, 22 August 2019

Jelang Puasa, Harga Beras dan Daging Mulai Naik

Senin, 11 Juni 2012 — 11:25 WIB

PURWAKARTA (Pos Kota) – Menjelang puasa yang menyisakan waktu sebulan, harga kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) yang dijual di sejumlah pasar tradisional Kab Purwakarta, Jawa Barat, mulai merangkak naik.

Kenaikan cukup besar terjadi pada komoditi kepokmas jenis bawang. Harga perkilogram bawang putih dan bawang merah dijual dipasar tradisional Pasar Jumat, bawang putih mengalami kenaikan Rp 5000 sampai Rp 7000 yang semula dijual Rp 17.000/kg kini Rp 24 ribu.

Begitupun harga bawang merah yang semula Rp 15.000/kg kini naik menjadi Rp 20 ribu.

Kenaikan yang sama dialami daging ayam dan sapi yang hampir rata rata naik Rp 2000/kg. Daging ayam ras yang semula dijual Rp 26 ribu/kg kini Rp 28 ribu/kg. Pun demikian dengan daging sapi, semula Rp 62 ribu/kg kini menjadi Rp 64 ribu/kg.

Menurut pedagang ayam ras, Aceng, ia terpaksa menaikan harga jual ke konsumen karena barang dagang yang ia beli dari bandar ayam, naik sejak sepekan ini. ” Trend kenaikan ini biasanya dipicu karena sudah mendekati bulan puasa,” katanya seraya menambahkan, kenaikan perlahan lahan akan terus terjadi sampai datangnya bulan suci Ramadhan.

Kenaikan yang sama terjadi pada kebutuhan utama masyarakat yakni beras. Serentak harga beras yang dijual disejumlah pasar tradisional di Purwakarta naik rata rata Rp 200/kg.

Untuk beras IR 64 kelas III dijual dengan harga Rp 5500/kg, IR 64 kualitas kelas II dijual Rp 6500/kg dan IR 64 kelas I dijual Rp 7000/kg.

Iskandar, pedagang beras di Pasar Jumat, menuturkan, kenaikan ini dipicu stok beras menipis ditambah mau mendekati bulan puasa. ” Saat ini masih ada harga beras Rp 5000, tapi untuk bulan depan harga sebesar sudah tidak ada, karena kemungkinan terus naik,” pungkasnya.

(dadan/sir)

  • Imran Khan

    ah.. jauh2 malah sebelum menjelang bulan puasa juga sudah naik, kasih dong berita yang benar2 up-to-date kan bisa, jangan yang gampang2 aja selalu………… kalau menjelang bulan puasa sih wajar, tapi kalau jauh dari segala events kan aneh, bbm yah belum naik, kenapa ? , nah itu baru good reporting and real.