Sunday, 18 November 2018

69 Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung

Selasa, 12 Juni 2012 — 11:46 WIB

BOGOR (Pos Kota) – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Bogor Senin petang mengakibatkan  69 rumah di tiga kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, rusak diterjang puting beliung. Dari jumlah itu 49 di antaranya terjadi di Desa Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja.

“Dari 49 rumah yang kebeyakan atapnya terbawa angin  kencang itu lima di antaranya rusak parah di Desa Gunung Geulis,” ungkap Kepala Subbidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Budi Aksomo, Selasa.

Sedangkan dua kecematan lainnya, yakni di Desa Bojong Koneng Kecamatan Babakan Madang merusak 15 unit rumah dan lima lainnya di desa Tapos, Kecamatan Ciomas. Puting beliung terjadi sekitar pk.16:300 saat huujan deras disertai sambaran petir dan angin kencang melanda sebagian wilayah Bogor.

Puting beliung itu menyapu puluhan atap  rumah, lima di antaranya rusak parah sehingga memkasa penghuninya diungsikan. Di antaranya rumah Sular, Pudin, Usuf, Tatang, Yayhaya dan Karim di  RT 02/ 03 Desa Gunung Geulis. “Rumah mereka tertimpa pohon, dan tidak bisa ditempati. Terpaksa mereka mengungsi ke rumah kerabatnya,” kata Budi Aksomo.

Musibah alam ini mebuat Pemkab Bogor meberikan bantuan logistik berupa beras mie instan dan terpal. “Sudah kita salurkan bantuan termasuk memberikan bantuan genting,” katanya.

Selain merusak rumah, angin kencang yang terjadi di Bogor juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang. Di Desa  Rangga Mekar, Kecamatan Ciomas dan Kelurahan Harjasari, Kecematan Bogor Selatan  malah hujan disertai butiran es sebesar ibu jari.

“Saya kaget, enggak biasanya bunyi hujan disertai butiran batu es sebesar ibu jari,” ujar  Uut, warga Gang Agus Tailor, Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan.  Namun fenomenam hujan ini hanya berlangsung sekitar 10 menit.

(iwan/sir)

Foto Ilustrasi