Monday, 11 December 2017

Kokain Senilai Rp 5 Miliar Gagal Diselundupkan

Kamis, 14 Juni 2012 — 21:01 WIB
kokainselundup146

TANGERANG (Pos Kota) – Disimpan di dinding tas ransel, petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno – Hatta berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 990 gram Cocaine senilai Rp 5 miliar melalui jasa pengiriman barang. Petugas menangkap seorang WNA asal Brasil yang merupakan penerima barang di daerah Denpasar, Bali.

Tersangka RBF, 44, tak berkutik lagi ketika petugas Bea dan Cukai bersama Polres Metro Bandara Soekarno Hatta menangkapnya ketika hendak menerima barang haram tersebut.

Kepala Bea Cukai, Oza Olivia mengatakan, penggagalan upaya penyelundupan narkotika jenis kokain tersebut berawal dari kecurigaan petugas tehadap paket kiriman dari Brazil yang dikirim melalui Perusahaan Jasa Titipan dengan nama penerima berinisial Mr. Ell.

Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam, petugas menemukan 990 gram bubuk berwarna putih yang diketahui merupakan kokain. Penemuan tersebut kemudian dilaporkan ke petugas Polres Metro Bandara Soekarno Hatta untuk dilakukan pengembangan.

“Petugas mencurigai isi tas ransel yang dikirim dari Brasil. Setelah diperiksa, ternyata berisi kokain seberat 990 gram,” kata Oza.

Anggota narkoba Polres Metro Bandara yang dipimpin Kasat Narkoba AKP Alam kemudian melakukan pengembangan ke Denpasar, Bali. Polisi menangkap RBF ketika akan mengambil kokain. Awalnya pelaku sempat mengelak jika tas ransel warna biru itu berisi narkoba. “Pelaku mengaku jika isi tas ransel berisi barang pecah belah,” kata Kasat Narkoba Polres Bandara Soekarno Hatta, AKP Alam.

Saat ini pihak kepolisian tengah memburu pelaku pengiriman barang ke Indonesia. “Mereka ini jaringan terputus. Kami sedang memburu pelaku pengiriman barang yang sudah diketahui identitasnya, kata Alam.

Kepada petugas, RBF yang sudah 2 tahun tinggal di Indonesia itu mengaku sudah 2 kali menerima paket berisi kokain. Kokain tersebut rencananya akan diedarkan di sejumlah tempat hiburan malam di Denpasar, Bali. “Harga satu gram kokain di Bali dijual dengan harga Rp 2,5 juta,” ujar tersangka kepada petugas. (C3)

Teks : Tersangka penyelundup kokain diamankan polisi