20 Warga Sukabumi Keracunan Susu

Jumat, 15 Juni 2012
susu kotak156

SUKABUM (Pos Kota) – Sedikitnya 20 warga Kampung Babakan Cidadap Desa Cikaret Kecamatan Kebon Pedes Kabupaten Sukabumi keracunan massal. Mereka keracunan usai menyedot susu dalam kemasan yang dibeli dari satu minimarket di kawasan Ciaul, Jalan RA Kosasih Kota Sukabumi.

Kasus keracunan ini berawal dari aktivitas pengajian rutin tiap malam Jum’at dengan menyantap makanan. Pengajian ini bertepatan dengan Bulan Rajab, pihak tuan rumah berusaha menyajikan makanan yang cukup spesial.

Ujang Ridwan, salah seorang korban keracunan mengaku dalam acara tersebut dirinya minum susu yang sudah dihidangkan. Selang dua jam setelah bubaran pengajian, Ujang merasakan bagian perutnya tiba-tiba sakit. Dia tidak menduga sakit yang dideritanya akibat pengaruh susu yang sempat diminumnya pada acara tawasulan.

“Ternyata bukan saya saja yang mengalami gejala tersebut. eluarga yang lain juga sama. Waktu itu saya juga mengecek warga lainnya yang ikut pengajian dan ternyata sama mengalami mual dan muntah-muntah,” kata Ujang.

Akibatnya, sekitar 20 warga yang mengalami gajala keracunan berobat ke rumah sakit. Beberepa diantaranya terpaksa diberikan infusan. Hingga kemarin sore, tersisa sekitar 16 orang yang masih menjalani perawatan di RSUD Syamsudin SH Kota Sukabumi.

”Susu dalam kemasan itu dibeli dari minimarket yang berlokasi di kawasan Ciaul. Waktu itu kami membeli empat dus susu ukuran sedang. Bahkan masih tersisa satu dus susu yang akhirnya disita aparat kepolisian,” ungkapnya.

Kepala Bidang Pelayanan RSUD R Syamsudin SH, drg Lily Mustafa mengatakan, pihaknya masih melakukan pemantauan terhadap delapan pasien. Sebab kondisi kesehatannya sempat memburuk. Tetapi setelah ditangani tim medis, kondisinuya berngsur pulih hingga akan segera dipulangkan ke masing-masing rumahnya.
Kasus keracunan makanan ini tengah dalam penyelidikan aparat Polres Sukabumi kota. (sule)

Teks : Ilustrasi

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.