Friday, 21 September 2018

Wanita TNI Periksa Kendaraan UNIFIL di Lebanon

Minggu, 17 Juni 2012 — 13:23 WIB
wanita-sub

LEBANON (Pos Kota) – Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas POM TNI Konga XXV-D/UNIFIL dengan jumlah personel 75 orang, terdiri dari Polisi Militer Angkatan Darat 32 orang, Angkatan Laut 22 orang dan Angkatan Udara 17 orang serta 4 orang dari Mabes TNI, didalamnya tergabung 3 (tiga) orang Wanita TNI yaitu Lettu Cpm (K) Eka Triastuti, Lettu Cpm (K) Ni Kadek Karni dan Sersan Kepala (K) Netty Vernikawati.

Satgas POM TNI Sector East Military Police Unit (Sempu) sesuai tugas dan tanggung jawabnya, diantaranya melaksanakan dan menegakkan disiplin seluruh Prajurit UN (United Nations) di wilayah AOR (Area Of Responsibility) yaitu di Sektor Timur UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon).  Berkaitan dengan tugas tersebut, ketiga Wanita Satgas POM TNI melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan personel militer/sipil UNIFIL, di Bravo Area, Jl. Marjayoun, Lebanon Selatan.

Dalam pelaksanaan MP Check Point (pemeriksaan kendaraan) UNIFIL, Sersan Kepala Netty melaksanakan Speed Gun (mengukur kecepatan kendaraan) pada titik yang telah ditentukan, untuk dilaporkan pada titik point berikutnya yang berjarak kurang lebih 1 Km. Pada titik inilah, kedua Wanita Satgas POM TNI lainnya menghentikan kendaraan untuk melaksanakan pemeriksaan.

Dengan percaya diri, kedua Wanita TNI memberikan salam, penghormatan dan  menanyakan kelengkapan surat-surat kendaraan sesuai aturan di UNIFIL, antara lain : identitas personel UN, surat keluar kesatrian, SIM, tata tertib dan disiplin dalam berkendaraanpun tidak lepas dari pemeriksaan ini (penggunaan seat belt dan tutup kepala).

Dalam pelaksanaannya, Wanita TNI telah memeriksa sebanyak 8 (delapan) kendaraan UNIFIL, dari kedelapan kendaraan tersebut setelah diperiksa telah memenuhi aturan dan tata tertib yang telah ditentukan UNIFIL, sehingga tidak perlu dikeluarkannya UTIR (Unifil Traffic Insident Report).


Dansatgas POM TNI Letnan Kolonel Cpm Ida Bagus Rahwan Diputra, S.H., seusai menerima laporan pelaksanaan MP Check Point oleh ketiga Wanita TNI tersebut mengatakan, dari hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa prajurit UNIFIL khususnya yang berada di Sektor Timur telah menunjukkan kedisiplinannya dalam berkendaraan maupun kedisiplinan personel UNIFIL.

“Dari hasil yang dicapai ini, tidak terlepas dari kampanye Satgas POM TNI terhadap unsur-unsur yang berada di Area Of Responsibility yang menjadi tanggung jawab Sector East Military Police Unit tentang disiplin dan tata tertib dalam berkendaraan di UNIFIL, tegas Dansatgas.

Bapen Satgas POM TNI Konga XXV-D/UNIFIL
Sersan Mayor Parjo