Senin, 18 Juni 2012 15:23:08 WIB

Promosi Pariwisata Melalui KRI Dewaruci Disambut Warga Amerika

dewaruci-sub

BALTIMORE (Pos Kota) – Promosi pariwisata “Wonderful Indonesia” melalui KRI Dewaruci yang sandar di Baltimore selama enam hari (14 s.d. 19 Juni 2012) mendapat sambutan antusiasme luar biasa masyarakat  Amerika Serikat. Setiap hari, sejak pagi hingga larut malam dermaga Inner Harbour, Pier 1, Baltimore tempat sandarnya kapal legendaris itu digemparkan dengan penampilan Genderang Suling (GS) Gita Jala Taruna Kadet AAL, diiringi tepuk tangan dan decak kagum dari para pengunjung.

Antusiasme pengunjung mencapai puncaknya, ketika diselenggarakan pentas kesenian tradisional Indonesia dengan menampilkan Tari Tortor, Tari Remo, Rampak Gendang, Tari Saman, dan band. Masyarakat Amerika Serikat yang sengaja datang dari berbagai kota sangat antusias melihat penampilan tersebut, turut hadir dalam memberikan dorongan moril, rombongan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Marsetio, M.M., bersama sejumlah pejabat Kemenparekraf semakin menyemarakkan kentalnya suasana budaya Indonesia, di tengah-tengah ribuan penonton yang mayoritas merupakan warga setempat.

Kegiatan lain yang dilaksanakan antara lain pertandingan olahraga antar kapal peserta Operation Sail (Opsail) 2012 di Patterson Park dan Rash Field, resepsi Thor Heyerdahl (kapal dari negara Norwegia), openship dengan ribuan pengunjung yang memadati kapal dan Firework di Fort McHenry. Tidak ketinggalan bagi-bagi brosur Wonderful Indonesia untuk mempromosikan kebudayaan dan pariwisata Indonesia juga dilaksanakan disetiap kegiatan.

Sebelumnya, KRI Dewaruci dengan Komandan Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto dalam mengikuti event Savannah Tall Ships Challenge 2012, berhasil menyabet dua gelar sekaligus, masing-masing sebagai juara I kelompok kapal latih (training ships) dan  juara II pada Race pertama Savannah – Cape Fear yang berlangsung 7 – 9 Mei 2012.


Disamping menyabet dua gelar, KRI Dewaruci juga  merupakan kapal yang sangat mendapat perhatian khusus  dari masyarakat Kota Savannah, mulai pada saat menyambut kehadirannya memasuki alur hingga dermaga tempat kapal merapat. Meriahnya sambutan  juga sangat nampak  saat peran parade roll  oleh seluruh peserta Savannah  Tall Ships Challenge 2012.

Mereka antusias berteriak “Dewaruci – Dewaruci” sambil melambaikan tangannya dan  para kadet pun sambil memainkan Drum Band Genderang Seruling dan sebagian melaksanakan parade roll dengan menaiki tiang Bima, Arjuna dan Yudistira sambil membalas dengan melambaikan tangannya yang turut menyemarakkan suasana.

Pengumuman hasil pemenang  oleh panitia penyelenggara yang diketuai oleh Jack Bussest baru diterima oleh KRI Dewaruci melalui emailnya (16/5) saat kapal berlayar menuju New York. Kelompok A (cruising ships) Race pertama keluar sebagai juara I  Pride of Baltimore II dari Amerika Serikat, juara II KRI Dewaruci dan juara III Eagle ( WIX 327) dari Amerika Serikat. Sedangkan untuk kelompok  training ships KRI Dewaruci sebagai kapal latih Kadet Akademi TNI Angkatan Laut keluar sebagai juara I, dan juara II di raih kapal latih Coast Guard Academy dari  Amerika Serikat.

Savannah Tall Ships Challenge 2012 diikuti  16 kapal, masing-masing dari  Benua Amerika, Eropa dan Asia. Hanya KRI Dewaruci saja, pada Race pertama Savannah-Cape Fear menempuh jarak 185 Nmil ditempuh dalam waktu dua hari. Sedangkan peserta lainnya tidak ada yang dapat menempuh hingga finish karena cuaca tidak bersahabat, namun dari Pihak panitia menyatakan kapal peserta yang berhasil mencapai titik terdekat dengan garis finish (16 mil) Pride of Baltimore dinyatakan sebagai juara satu dan KRI Dewaruci 68 mil dari garis finish dinyatakan sebagai juara dua dan Eagle  di belakang Dewaruci sebagai juara tiga.

Selain mengikuti lomba layar, para kadet yang tergabung dalam KJK 2012 USA sesuai jadwalnya masih menempuh praktek astronomi, navigasi datar, navigasi lingkaran besar, komunikasi, peraturan pencegahan tubrukan di laut (PPTL), peran layar dan  peran-peran di kapal lainnya, serta Peraturan Umum Dinas Dalam Khas TNI AL, keperwirajagaan serta paparan persiapan kapal masuk pelabuhan yang merupakan syarat kenaikan tingkat bagi seluruh Kadet  AAL tingkat dua untuk naik ke jenjang berikutnya.

Semua kegiatan berjalan dengan baik dan lancar, apalagi ketika melewati Samudera Pasifik. Kapal layar sekecil KRI Dewaruci dapat melewatinya dengan aman lebih-lebih mendapatkan juara pada Event Savannah Tall Ships Challenge 2012, sebagai juara I kelompok kapal latih (training ships) dan juara II pada race pertama Savannah-Cape Fear yang berlangsung 7 s.d. 9 Mei 2012.

(dispenal/sir)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.