Selasa, 19 Juni 2012 15:44:23 WIB

Kartu Jamsostek Tidak Diberikan

kartujamsostek196

HARIAN Pos Kota bekerjasama dengan PT Jamsostek (Persero) kembali menghadirkan Rubrik Info Jamsostek setiap Hari Rabu. Pembaca dapat mengirimkan pertanyaan melalui SMS online ke nomor 082114879749 dan dapat membaca rubrik ini di Pos Kota online dengan mengklik poskotanews.com setiap hari.

1. Pertanyaan : Saya Narsim bekerja di pabrik sperpart di Jakarta tetapi melalui outsorching yang berada Cikarang. Saya bekerja sudah 19 bulan, sekarang sudah tidak bekerja karena ada pengurangan. Dari awal bekerja setiap gajian dipotong Jamsostek. Yang ingin saya tanyakan di kartu peserta Jamsostek saya tidak ada tanda tangan Direksi. Apakah dengan kartu Jamsostek itu saya bisa mencairkan ? Terima kasih

Jawab : Kartu Jamsostek anda sah, meski tidak ada tanda tangan direksi. Pencairan Jaminan Hari Tua (JHT) baru bisa dilakukan jika masa kepesertaan sudah 5 tahun lewat sebulan, dengan harapan dapat dilanjutkan jika anda bekerja di tempat yang baru.

2. Pertanyaan : Bagaimana dengan peserta yang telah meninggal dunia dan syaratnya apa saja? Mohon jawabannya terimakasih.

Jawab: Jika peserta meninggal dunia, ahli warisnya bisa mengajukan pencairan JHT dan Jaminan Kematian ke PT JamsosteK. Anda bisa membawa surat keterangan kematian dari rumah sakit dan kartu peserta Jamsostek, fotocopy Kartu Keluarga dan fotocopy KTP. Biasanya pihak perusahaan akan membantu.

3.Pertanyaan : Assalammualaikum wr. wb. Saya ingin bertanya. Apakah setiap karyawan/ti harus memegang kartu Jamsostek? dan kenapa saya tidak diberikan kartu Jamsostek , itu pun hampir semua karyawan. Yang saya tahu di tempat saya bekerja ada Jamsostek.

Jawab: Waalaikumsalaam. Anda harus menanyakan pada personalia perusahaan, kenapa kartu peserta Jamsostek tidak diberikan. Kartu peserta adalah hak peserta yang harus diberikan sejak terdaftar sebagai peserta.

4. Pertanyaan : Berapakah Nominal Program beasiswa dari Jamsostek untuk tingkat SD? Apakah jika bekerja di perusahaan Outsorching dibedakan hak-hak pekerjanya?

Jawab: Semua peserta Jamsostek mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Tidak ada perbedaan perlakuan. Beasiswa untuk SD Rp1,2 juta.

5. Pertanyaan : Nama saya M Yusuf usia 49 tahun. Saya punya saldo Jamsostek Rp15,5 juta. Bisakah saya mengajukan pinjaman Rp 7 juta.

Jawab: PT Jamsostek tidak mempunyai program pinjaman tunai seperti itu. Yang ada saat ini adalah pinjaman uang muka perumahan (PUMP) dan pinjaman renovasi mulai Rp20 juta hingga Rp50 juta. Serta pinjaman kemitraan untuk usaha. Untuk jelasnya anda bisa bertanya ke kantor cabang Jamsostek terdekat.

6. Pertanyaan : Saya Pak Kadir, punya Jamsostek (peserta) dari tahun 91 tetapi saya sudah keluar dari kerjaan. Apa masih berlaku?

Jawab: Sepanjang belum pernah dicairkan, kartu tersebut masih berlaku. Anda bisa datang ke kantor Jamsostek terdekat untuk mencairkan jaminan hari tua (JHT) dengan membawa kertu peserta, fotocopy KTP dan Kartu Keluarga serta surat keterangan tidak bekerja dari perusahaan (paklaring).

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.