Saturday, 17 November 2018

Libas Irlandia 0-2, Italia Singkirkan Kroasia

Selasa, 19 Juni 2012 — 7:20 WIB

POZNAN (Pos Kota) – Tim berjuluk ‘Gli Azzurri’ Italia berhasil melenggang ke babak perempatfinal setelah mengalahkan Republik Irlandia 2-0 pada laga pamungkas Grup C di Stadion Municipal, Poznan (Selasa (19/6) dinihari WIB. Italia lolos sebagai runner-up, mendampingi Spanyol sebagai juara Grup C yang juga meraih kemenangan tipis 1-0 atas Kroasia di PGE Arena pada hari yang sama.Namun Kroasia harus tersingkir menyakitkan karena kalah head to head dengan Italia.

Di perempatfinal, Italia akan menghadapi juara Grup D, 25 Juni mendatang. Italia sendiri memiliki koleksi yang sama dengan Kroasia. Namun skuad asuhan Cesare Prandelli itu unggul head to head sehingga lebih berhak melaju ke partai perempatfinal. Setelah bermain imbang 1-1 di dua laga pembuka, Gli Azzurri akhirnya bisa meraih tiga angka setelah menekuk Republik Irlandia 2-0.

Adalah Antonio Cassano dan Mario Balotelli yang berhasil mencetak masing-masing gol penentu kemenangan Italia di Stadion Municipal Poznan. Sempat kesulitan selama setengah jam pertandingan, Gli Azzurri akhirnya bisa membuka keunggulan berkat usaha Cassano dengan memanfaatkan umpan Andrea Pirlo menjadi gol di menit ke-35. Skor pun berbuah menjadi 1-0 yang bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Italia terus berusaha menjaga keunggulan dengan sesekali melancarkan serangan balik. Pun, Republik Irlandia yang merasa tertekan mampu mengimbangi permainan tim dari negeri Pizza tersebut, sebelum malapetaka melanda tim asuhan Giovanni Trapattoni. Ya, Robbie Keane dkk akhirnya harus bermain dengan 10 orang akibat kartu kuning kedua Keith Andrews di menit ke-89.

Situasi itu langsung dimanfaatkan Italia untuk menambah keunggulan, sekaligus memastikan kemenangan dengan skor akhir 2-0, lewat gol Balotelli, usai memanfaatkan umpan Alessandro Diamanti di penghujung pertandingan. Tambahan tiga angka itu membuat Italia melaju ke perempatfinal setelah finis di urutan kedua Grup C. (junius)

Teks ; Balotelli dikerubuti teman-temannya usai menciptakan gol ke gawang Republik Irlandia sehingga meloloskan Itakia ke perempatfinal Piala Eropa (reuters)