Saturday, 22 September 2018

Tidak Ada Main Mata, Spanyol Gebuk Kroasia dan Jadi Juara Grup

Selasa, 19 Juni 2012 — 7:35 WIB

GDANSK (Pos Kota) – Tim ‘Matador’ Spanyol membuktikan tajinya dengan predikat sebagai juara bertahan di Piala Eropa 2012 setelah lolos ke perempatfinal dengan status juara Grup C, usai menang tipis 1-0 atas Kroasia pada laga pamungkas di PGE Arena, Gdansk, Selasa (19/6) dinihari WIB. Hasil itu sekaligus membuat Kroasia harus ‘angkat koper’ dari Piala Eropa 2012 setelah finis di urutan ketiga Grup C dengan lima angka.

Kroasia sendiri sebenarnya memiliki poin yang sama dengan Italia yang juga meraih kemenangan 2-0 atas Republik Irlandia di Municipal Poznan pada hari yang sama. Namun Kroasia kalah head to head dari Italia, sehingga mereka harus puas finis di urutan ketiga. Sebaliknya, Spanyol mampu membuktikan taji dengan berhasil melaju ke perempatfinal sebagai jaura Grup C dengan tujuh poin.

Spanyol akan bertemu runner-up Grup D pada babak perempatfinal 25 Juni mendatang. Adalah Jesus Navas yang sukses mencetak satu-satunya gol kemenangan tim Matador atas Kroasia di PGE Arena. Spanyol yang langsung menguasai jalannya pertandingan sepanjang babak pertama, kerap mengalami kesulitan untuk memecah kebuntuan. Walhasil, skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, situasi serupa kembali dialami tim Mtador, sehingga memaksa pelatih Vicente Del Bosque harus melakukan perubahan. Pelatih berusia 61 itu memasukkan Navas sebagai pengganti Fernando Torres pada menit ke-61. Usaha itu akhirnya membuahkan hasil dan Navas tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk menjadi pahlawan kemenangan Spanyol. Umpan matang Andrés Iniesta berhasil dikonvermasi menjadi gol pada menit ke-88.

Skor pun berubah menjadi 1-0 yang sekaligus memastikan kemenangan Spanyol di laga tersebut. Maklum, hingga peluit panjang berbunyi, Kroasia tetap tidak mampu memecah kebuntuan sehingga mereka harus ‘angkat koper’ dari Piala Eropa 2012 setelah menyerah dengan skor 0-1.

Dan hasil ini membuktikan tidak ada permainan skors antara Spanyol dengan Kroasia yang seperti ditakutkan Italia. Memang bila Spanyol dengan Kroasia bermain imbang minimal 2-2 maka yang akan tersingkir adalah negeri pizza itu. (junius)

Teks ; Pendukung Spanyol merayakan kemenangan atas Kroasia (reuters)