Thursday, 15 November 2018

Bono U2 Gelar Konser Kehormatan untuk Aung San Suu Kyi

Rabu, 20 Juni 2012 — 7:05 WIB

OSLO – Aktifis Demokrasi Aung San Suu Kyi dan vokalis U2, Bono untuk kampanye demokrasi. Pasangan ini menghabiskan lebih dari satu jam menjawab pertanyaan pada konferensi Oslo sebagai mediator perdamaian pada akhir empat hari kunjungan Suu Kyi ke Norwegia.

Kemudian mereka bersama-sama naik jet ke Dublin, , ibukota Irlandia, untuk konser malam sebagai penghormatan untuk wanita cantik Myanmar yang tangguh itu.

Menteri Luar Negeri Irlandia Eamon Gilmore dan trio anak-anak, dua di antaranya warga negara Burma, memberikan bunga kepada Suu Kyi saat ia tiba di Bandara Dublin.

Setelah bertemu Presiden Irlandia Michael D. Higgins, ia tiba di sebuah teater di tepi sungai dan mendapat sambutan sorak-sorai gemuruh dan tepuk tangan, bersama-sama Bono dan penyair pemenang Nobel Seamus Heaney di sampingnya di karpet merah.

Di dalam, Amnesty International mengadakan acara tiga jam konser, menyanyikan lagu, pembacaan  puisi dan pidato untuk menghormatinya bersama bintang- bintang Irlandia atas, dengan latar belakang dinding sangkar burung yang dibuka melambangkan kebebasannya dari tahanan rumah pada 2010.

Rombongan Riverdance mendapat tampil mengawali dengan tarian kaki-kaki yang menghentak. Disusul gitaris Donal Lunny mengajak penonton dalam nyanyian musik lembut dan menyebut nama Aung San Suu Kyi .

Penyair Irlandia Saoirse Ronan membaca sebuah puisi, diikuti oleh aktris Vanessa Redgrave bacaan bahasa Inggris,  Republik Nurani.

Bono lalu mengumumkan penghargaan konser  U2  di Dublin pada tahun 2009 sebagai tur konser di seluruh dunia dengan tuntutan untuk kebebasannya.

“Semua orang ada di sini menyanyi untuk Anda malam ini, semua orang ingin mendengar lagu Anda,” kata Bono mengundang Suu Kyi ke panggung untuk berdiri dan bertepuk tangan dua menit.

“Ini kejutan bagi saya, ” kata Suu Kyi, yang lalu tertawa seraa menyatakan bahwa warga Burma adalah  “Orang Irlandia dari Timur” – karena mereka sama-sama tidak pernah memberikan ketenangan Inggris dan  sama-sama suka minum dan sangat suka takhayul.

Bono menyatakan, sejak pengasingan panjang dia belum pernah bertemu dengan Suu Kyi sebelumnya.(dms)