Monday, 17 June 2019

Kapal Barang Dihempas Ombak

Rabu, 20 Juni 2012 — 22:44 WIB
ombak-n

LAMPUNG (Pos Kota) – Akibat melebihi kapasitas muatan lalu dihempas ombak 3 meter, kapal Motor Bangkit pengangkut barang dan penumpang terbalik di wilayah perairan Teluk Semangka, Tanggamus, Lampung.

Beruntung  25 penumpangnya bisa diselamatkan oleh kapal nelayan yang melintas, Rabu (19/6) sekitar pukul 05.30 WIB.

Kapal naas yang terbuat kayu dan di perkirakan bermuatan puluhan ton tenggelam. Hampir setengah hari terapung dipemukaan laut wilayah perairan Teluk Semangka, Tanggamus, Lampung, sebelum ditemukan kapal nelayan yang melintas.

Beruntung, Nahkoda dan 25 penupang Kapal Motor Bangkit berikut Kapal bisa diselamatkan dan sandar di Pelabuhan Kota Agung.

Menurut salah seorang penumpang kapal, Yamin ,26, wrga Limus, Kecamatan Pematang sawah, sebelum berlayar, dia berfirasat kalau kapal akan tenggelam atau terbalik. Pasalnya, muatan barang yang melebihi kapasitas ditambah dengan 25 orang penumpang, membuat badan kapal lebih dari separu yang tenggelam dari permukaan air.

Nahkoda juga telah mengingatkan kepada penumpang untuk tidak memuat barang yang berlebihan karena cuaca dan ombak tidak bersahabat, tambahnya. Namun para penumpang memaksa dan tidak ada yang mau untuk mengurangi beban muatan yang dibawanya. Nahkodapun akhirnya langsung berangkat.

Sekitar 100 meter dari pelabuhan kapal terkena hempasan ombak yang cukup besar hingga air pun mulai masuk dan membasahi para  penumpang.  “Satu jam lamanya perjalanan akhirnya kapal pun terbalik, ” jelas Yamin.

Menurut Nahkoda KM Bangkit, Sahril ,32, kapal tenggelam akibat dihempas ombak yang cukup besar sehingga air masuk dari samping kiri badan kapal. Air yang masuk dan barang yang basah mengakibatkan bertambahnya beban, membuat kapal tidak bisa mengikuti ombak, ” katanya, sembari  membereskan barang-barang yang masih tersisa.

Dipaparkan, setengah hari kapal terapung dipermukaan laut, kemudian kapal Payang yang melintas di sekitar wilayah perairan itu, menolong . “Semua penumpang selamat, namun, hampir seluruh barang penumpang habis terbuang,” ungkap Sahril

Dirpol Airud Polda Lampung, Kombes. Edion membenarkan adanya laporan kapal yang tenggelam dan seluruh penumpang berhasil diselamatkan.(Koesma/dms)