Thursday, 25 April 2019

Pemerintah Daerah Harus Lakukan OP

Rabu, 20 Juni 2012 — 0:39 WIB
SONY DSC

JAKARTA (Pos Kota) – Mengantisipasi kenaikan harga sembilan bahan pokok alias sembako jelang Puasa, Kementerian Perdagangan (Kemendag) meminta pemda segera menyiapkan pasar murah.

”Kami minta pemda siap-siap menggelar pasar murah untuk mengantisipasi gejolak harga sembako jelang Puasa,” kata Sekretaris Dirjen Perdagangan Dalam Negeri (Dagri) Kemendag, Jimmy Bella, Selasa (19/6).

Untuk itu, Kemendag segera berkoordinasi dengan seluruh asosiasi pangan dan pengusaha yang bergerak di sektor makanan dan minuman untuk mendukung pelaksanaan pasar murah.

”Minggu depan atau awal Juli, kami akan mengundang semua asosiasi dan pengusaha,” jelasnya.

Direktur Bahan Pokok dan Barang Strategis, Retno Rukmawati, juga mengaku baru saja memantau harga bahan kebutuhan pokok di sejumlah daerah.

“Ada beberapa harga sembako yang naik seperti telur dan gula pasir,” ujarnya. ”Tapi masih kenaikannya masih batas wajar. Belum mengkhawatirkan.”

Ia mengaku kenaikan harga komoditas tersebut seiring dengan meningkatnya permintaan, terkait dengan liburan sekolah. ”Banyak pedagang makanan di daerah meningkatkan produksinya, sehingga stok komoditas tersebut berkurang.”

Hasil analisa Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bapebti) Kemendag, Selasa (19/6), mengungkap sebulan jelang Puasa, harga beberapa sembako di pasar tradisional cenderung naik seperti beras, telur dan gula. Kenaikan harga komoditas ini berkisar Rp500 hingga Rp1.000/Kg.

Seperti beras jenis IR64 selama sepekan ini rata-rata naik Rp500, dari Rp7.500 menjadi Rp8.000/Kg.

Kenaikan ketiga komoditas tersebut karena dipicu gangguan cuaca dan minimnya pasokan di pasar. (setiawan)