Senin, 25 Juni 2012 19:32:19 WIB

Tujuh Imigran Gelap Diamankan di Polonia Medan

poloniamedan256

MEDAN (Pos Kota) – Tujuh warga negara asing (WNA) yakni enam dari Afghanistan dan satu asal Irak diamankan pihak Imigrasi Bandara Polonia, Medan, saat hendak berangkat ke Jakarta. Mereka Mohammad Ali Adili Bamiani,34, Baz Ali,34, Ghulam Sakhi,29, Ghulam Sakhi,31, Mohammad Ali Ghulami,45 dan Zulfiqar Ali Azizi,35. Kemudian seorang warga Irak Ahmad Bakmorad,32.

Kepala Kantor Imigrasi Polonia Medan, Lilik SH, kepada wartawan, Senin (25/6), membenarkan tujuh WNA diamankan karena tidak bisa menunjukan dokumen keimigrasian. Ketujuh WNA selanjutnya dilimpahkan ke Detensi Imigrasi Belawan.

Menurut Lilik, ketujuh WNA hendak berangkat ke Jakarta, Minggu pukul 18.30 Wib dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Namun, saat dilakukan pemeriksaan mereka mengatakan sebagai pengungsi dan hendak mendatangi kantor UNHCR di Jakarta.

“Mereka ingin mempertanyakan kepada UNHCR status mereka di lokasi pengungsian yang belum jelas,”kata Lilik.

Ketujuh WNA masuk ke Sumut melalui Kota Kisaran, Kabupaten Asahan, dengan angkutan laut dari Malaysia. Tujuannya Australia dan transit via Jakarta dan mereka itu mencari suaka. Mereka sebenarnya sudah pernah ditangkap dan ditampung di penampungan imigran di kawasan Padang Bulan, Medan, tapi berhasil kabur. (samosir)

Teks: Tujuh WNA diamankan Imigrasi Bandara Polonia

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.