Thursday, 15 November 2018

Polrestabes Surabaya Amankan 308 ton Pupuk Ilegal

Sabtu, 30 Juni 2012 — 19:51 WIB
pupuk_bersubsidi

SURABAYA(Pos Kota) – Sebanyak 308 ton pupuk subsidi illegal berhasil diamankan anggota Polrestabes Surabaya. Pupuk subsidi 14 kontainer tersebut diamankan saat akan dikirim Kalimantan. Dan kini diamankan di Depo PT. SSS jl. Tanjung Tembaga No.10, Surabaya pada Sabtu (30/6).

Menurut Kanit V Pidana Ekonomi (Pidek), AKP Rohman Elhaj pupuk subsidi tersebut rencananya akan dikirim ke Kalimantan yang dimasukkan dalam 14 kontainer. Setiap 1 kontainernya berisi 20 ton pupuk subsidi tersebut dengan kemasan merek pupuk Pusri.

“Tersangka berinisial SA dan MA diduga melakukan pengedaran pupuk subsidi ini. Tapi kita masih terus melakukan penyidikan lebih lanjut.” Ungkap AKP Rohman Elhaj.

AKP Rohman Elhaj menjelaskan bahwa pelaku melakukan pengolahan secara manual, dimana pupuk Urea bersubsidi (Merk daun Buah kaltim dan merk Petrokimia Gresik) dengan pupuk ZA bersubsidi merek pupuk petrokimia gresik, dicampur dengan cairan pemutih berupa Hydrogen perosida. Hal ini untuk mengelabuhi petugas agar terkesan bukan pupuk subsidi. Dan selanjutnya hasil olahan tersebut akan dijual ke luar pulau dengan harga sekitar Rp. 3500-Rp 4000/ kg.

“Saat ini kami juga masih mengembangkan jaringannya sebelumnya, dan memeriksa 8 saksi pekerja untuk langkah selanjutnya kami juga akan mengarah ke penadahnya karena tidak mungkin dengan catatan seperti itu, mereka tidak punya penadah,” imbuhnya.

Dari penangkapan ini,polisi menyita barang bukti berupa 1 unit Mobil jenis truk tronton Nopol BL. 9246 AC warna putih biru putih yang memuat pupuk merek PUSRI sebanyak sejumlah 20 ton, 308 ton pupuk Pusri, 22 Ton di Polrestabes Surabaya.(nurqomar/dms)