Minggu, 1 Juli 2012 15:48:20 WIB

Wanita Cantik Gelapkan 59 Mobil Rental

pejarawanuita17

BOGOR (Pos Kota) – Memiliki modal wajah cantik, ibu dua anak ini memperdaya beberapa pemilik rental.Bahkan wanita warga Kelurahan Keradenan, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor ini mencari mangsa hingga Bekasi.

Petualang wanita berkulit putih ini terhenti, setelah petugas Polsek Babakan Madang menangkapnya atas laporan korban yang ditipu.

Modusnya pelaku mengaku direktur sebuah perusahaan menyewa mobil di rental. Nmaun Mobil sewaan ini ia sewakan lagi. Bahkan ada juga yang digadaikan.
Tersangka NM 38, menyewa mobil ke beberapa rental di kawasan Bogor.

Bahkan ketika separuh rental di Bogor sudah menjadi korban, ia lalu melebarkan aksi tipunya ke wilayah Bekasi.

“Mobil yang disewa dalam kurung waktu 1-3 bulan, oleh pelaku disewakan lagi ke orang lain. Ada mobil malah digadaikan kepada pihak lain, tanpa sepengetahuan pemilik rental. Beberapa transaksi hutang piutang, NM menggunakan mobil rental yang disewa sebagai barang jaminan,”kata Kapolsek Babakan Madang, AKP Lugito

Di tempat yang sama, Kanit Reskrim, Ipda Sonson Sudarsono mengatakan, terungkapnya kasus ini, berawal dari laporan warga penerima gadai mobil, yang mengaku resah lantaran kerap didatangi tukang tagih hendak membawa mobil yang ia dapat dari NM.

Dirinya berusaha mempertahankan mobil tersebut, karena NM, belum mengembalikan uangnya yang diterima dari gadai mobil tersebut.

“Kurang lebih sekitar 11 warga di Babakan Madang yang mengaku tertipu setelah menerima gadai mobil dari NM,”kata Sonson.

Penelusuran penyidik, mobil yang digadai pelaku, ternyata milik rental mobil. Orang yang datang ke rumah penerima gadai itu, adalah orang suruhan pemilik rental.

“Mobil itu harus dikembalikan ke rental karena waktu sewanya sudah habis,” ungkap Ipda Sonson.

NM ditangkap saat tengah bertransaksi dengan seorang warga yang hendak menerima gadai mobil di warung tenda di kawasan Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor. “Dia kita tangkap saat hendak menggadaikan mobil yang disewanya dari rental ke seseorang yang ternyata ada sangkutan hutang piutang. Untuk menutupi hutangnya, pelaku memberikan mobil yang diakui miliknya,”paparnya.

Data yang ada, mobil rental yang digelapkan NM ada 58 unit. Bahkan, ada rental mobil yang mengaku kalau 39 unit mobilnya telah digelapkan oleh NM.

“Rata-rata digadaikan kepada perorangan. Satu rental di Bekasi mengaku 39 mobil miliknya telah digelapkan oleh tersangka. Seluruh hasil kejahatannya ada 58 unit mobil. Ada beberapa mobil yang sudah diambil langsung oleh pemiliknya, sementara yang kita amankan baru 13 unit. Selain digadaikan, ada beberapa unit mobil yang dijadikan jaminan hutang oleh pelaku,”ungkap Ipda Sonson.

Ada tiga pelaku lainnya yang sudah diamankan di Polsek Sukaraja. Ketiga pelaku itu masih ada kaitannya dengan tersangka.

Pelaku sendiri merupakan sarjana Manajemen Bisnis dari salah satu perguruan tinggi di Surabaya. Ia nekat berbuat penipuan, karena terbelit hutang.
Ia mengaku, sudah menjalani profesi ini sejak dua tahun lalu. Sementara uang gadai satu mobil Rp 20-35 juta. “Kalau mau jatuh tempo belum ada uang, saya ke rental berikutnya lagi ambil mobil lalu digadai untuk nutupi sebelumnya. Begitu seterusnya hingga nyaris ada ratusan mobil saya gadai dan sewain lagi ke orang lain,”kata NM.(yopi)

Teks : Ilustrasi

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.