Sunday, 15 September 2019

Kekeringan Merambah ke Garut, Ratusan Hektar Padi Terancam Puso

Kamis, 5 Juli 2012 — 17:52 WIB
garutkering57

BANDUNG (Pos Kota) -Ribuan hektar sawah di wilayah Bandung dan Priangan Timur gagal panen akibat musim kemarau. Setelah kekeringan sawah melanda Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Bandung, Kamis, kekeringan pun merambah ke Kabupaten Garut.

“ Diperkirakan 489 hektar sawah terancam puso karena kekeringan,“ kata Kadis Tanaman Pangan,Garut Tatang Hidayat, Kamis (5/7).

Ratusan hektar sawah yang kekeringan terjadi di Kecamatan Selaawi, Cibatu, Limabangan, Malangbong, Cibatu Leuwigoong, Kersamanah, Cibiuk, Bayuresmi, Banyuresmi dan kecamatan lainya di Garut Selatan. “ Kalau ada hukan sehari saja kemungkinan tanaman padi akan selamat. Jika tidak, tentu akan yterjadi gagal panen,“.

Maman,45, penyuluh pertanian di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut menjelaskan, ada puluhan hektar sawah di Limbangan diterjang kekeringan. Untuk mengatasi persoalan ini, pihaknya sudah memerintahkan para petani untuk berhenti menanam padi dan beralih ke palawija. “ Kami kini tengah mempersiapkan petani untuk berpalawija,“. (Dono)

Teks : Sawah di Garut mulai kekeringan