Friday, 20 July 2018

Liga Priemer Bakal Pakai Teknologi Garis Gawang

Jumat, 6 Juli 2012 — 15:27 WIB
gol-hantu

LONDON (Pos Kota) – Mulai tahun 2013 mendatang Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) bakal menerapkan teknologi garis gawang setelah para perumus peraturan pertandingan atau International FA Board, mengizinkan pemakaian teknologi tersebut, Kamis (5/7) malam waktu setempat.

Seperti yang dilansir The Sun, Jumat (6/7/2012), teknologi garis gawang yang diprakasai Hawk-Eye dan GoalRef sebenarnya sudah dicetuskan dalam beberapa bulan terakhir. Namun perizinan untuk menggunakan kedua sistem garis gawang itu baru disepekati oleh FA pada tahun 2013 mendatang. “Liga primer telah lama mengadvokasi teknologi garis gawang ini. Kami menyambut baik keputusan ini dan akan bertemu dengan dua perusahaan itu,” kata Ketua FA, David Bernstein.

Lantaran tidak adanya teknologi tersebu, timnas Inggris pernah menerima keputusan pro-kontra dari wasit. Pertama, saat gol gelandang Frank Lampard ke gawang Jerman di Piala Dunia 2010, tidak disahkan. Padahal, bola yang memantul telah melewati garis gawang. Kedua, saat melawan Ukrania di laga pemaungkas penyisihan Grup D Piala Eropa 2012, akhir Juni lalu.

Saat itu asisten wasit gagal mengambil keputusan bahwa bola yang dibuang oleh bek John Terry sebenarnya sudah melewati garis gawang. Kedua sistem teknologi garis gawang ini sejatinya secara resmi sudah bisa digunakan dalam Piala Dunia Antarklub di Jepang pada Desember 2012 mendatang. “Saya sangat senang. Ini sudah lama ditunggu namun akan menjadi hal progesif bagi dunia sepak bola,” tutup Bernstein.

(junius/sir)