Saturday, 22 September 2018

Daging Sapi Rp 85 ribu/Kg

Telor dan Minyak Sayur Harganya Balapan Naik

Sabtu, 7 Juli 2012 — 8:30 WIB

BANDUNG (Pos Kota) – Menjelang munggahan Ramadhan, harga kebutuhan sejumlah bahan pokok di pasar tradisional di Bandung, Jawa Barat semakin menggemaskan. Seperti Jumat kemarin, harga telur dan minyak goreng balapan naik. Sedang harga daging sapi ada di posisi teratas mencapai Rp 85 ribu per kg.

Berdasar pemantauan di pasar tradisional Kiaracondong, Cicadas, Suci dan Ciwastra harga minyak goreng rata-rata naik Rp 2000 per kg dari harha semula Rp 10 ribu per Kg. Kemudian harga telur dari Rp 15 ribu mendadak naik menjadi Rp 18 ribu.

Harga yang naik istimewa daging sapi dari semula Rp 60 ribu per Kg kini berada di posisi teratas Rp 85 ribu.“ Menjelang Ramadhan yang naik drastis daging sapi mencapai Rp 20 ribu per kg. Kami bingung harus menjual berapa?“ kata seorang pedagang Syarif,40, di Pasar Kiaracondong Bandung, Jumat.

Begitu pun Saman,58, pedagang di Pasar Ciwastra, naiknya daging sapi sudah berlangsung sejak awal Juli. Semula harga daging Rp 40 ribu kemudian tiga hari naik lagi, dan kini mencapai Rp 85 ribu.

“ Kami belum tahu persis penyebab kenaikan daging itu. Alasan karena mau Puasa dan Lebaran,“ tambahnya.

H. Juli,60, bandar sapi di Bandung Timur menjelaskan, kenaikan daging sapi pada prinsipnya karena menghadapi Ramadhan dan Lebaran. “ Dari Jawanya saja sapi per ekornya sudah naik drastis,“ kata dia.

Meski kenaikan ini tergolong cukup besar, dia memprediksi daging sapi tak akan turun, dan harganya akan tembus Rp 100 ribu menghadapi lebaran mendatang,“ tandas dia.(Dono)

Teks : Harga telor dan minyak sayur yang balapan naik (dono)

  • http://www.facebook.com/people/Utomo-Prawiro/100000331352018 Utomo Prawiro

    ini karena larangan daging import. sementara pasokan dalam negerinya kurang. semoga segera ditingkatkan pasokan dalam negerinya.