Wednesday, 19 September 2018

AHM Gelar Kontes Nasional Keterampilan Teknis Motor

Senin, 9 Juli 2012 — 9:57 WIB
ahm-sub

ASTRA Honda Motor (AHM) menggelar uji keterampilan teknis sepeda motor sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di bidang teknik sepeda motor Honda.

Kegiatan yang mengusung tema “Satu Hati Wujudkan Prestasi di Era Injeksi.”  ini diadakan untuk memotivasi dan mengukur kompetensi para peserta yang terdiri dari para Mekanik dan Service Advisor Honda. Selain itu, AHM juga membuka kategori khusus bagi para siswa SMK untuk berkompetisi dalam kegiatan ini.

General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso mengatakan kontes ini merupakan ajang pembuktian bahwa jaringan purna jual Honda sudah siap dalam teknologi injeksi sehingga mampu berkontribusi lebih baik bagi masyarakat Indonesia, khususnya di bidang teknologi sepeda motor.

“Kami yakin acara ini diharapkan dapat memotivasi mereka untuk selalu mengasah keterampilan sehingga mampu memberikan layanan purna jual terbaik bagi konsumen. Sementara untuk siswa SMK, kami yakin dapat memperkaya pengetahuannya tentang teknologi sepeda motor Honda dan kelak bermanfaat bagi masyarakat luas,”katanya, kemarin.

Kontes Mekanik dan Service Advisor kali ini merupakan gelaran yang ke-19 sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 1992. Setelah melalui seleksi ketat dari 3.661 AHASS se-Indonesia, Kegiatan ini berhasil memilih 38 mekanik dan 27 Service Advisor terbaik untuk berkompetisi di final kontes yang diselenggarakan pada tanggal 6-7 Juli 2012 lalu di Jakarta.

Para Mekanik dan service advisor dalam kontes ini mengikuti uji kemampuan teknik maupun nonteknik yang meliputi ujian analisa teknis, praktek penggunaan peralatan bengkel, pengukuran, bongkar pasang dan penanganan masalah pada kendaraan. Sedangkan pada service advisor kemampuannya diuji dalam hal teori teknis dan praktik dalam bentuk studi kasus atau role play yang telah ditetapkan.

Mekanik dan Service Advisor yang terpilih sebagai pemenang dalam kontes ini berhak mendapatkan hadiah utama masing – masing 1 unit Honda Vario 125 PGM-FI serta hadiah lainnya untuk pemenang ranking 2 hingga 10 dan Hadiah tambahan dari para sponsor.

Sedangkan  kontes keterampilan teknis untuk siswa SMK tingkat Nasional  diikuti perwakilan siswa SMK dari berbagai propinsi di Indonesia. Penyelenggaraan tahun ini memasuki tahun ke-3 yang diikuti oleh 26 siswa SMK. Kompetisi khusus siswa SMK ini mengusung tema “Satu Hati Wujudkan Prestasi Berbagi Bersama Bangsa.”

Mereka yang terpilih mengikuti kontes ini merupakan hasil seleksi ketat terhadap 976 siswa yang berasal dari 473 SMK se-Indonesia. Keterampilan mereka diuji dalam ajang final kontes yang diselenggarakan pada tanggal 28-29 Juni 2012.

Untuk dapat mengikuti uji keterampilan ini, para peserta disyaratkan maksimal duduk di kelas 2 SMK Otomotif jurusan teknik sepeda motor dan menjadi pemenang lomba sejenis di tingkat regional yang diadakan main dealer Honda. Mereka diuji dengan mengikuti tes tulis dan praktik dengan menggunakan sepeda motor dan peralatan di bengkel.

Dalam kontes yang diselenggarakan di Astra Honda Training Center (AHTC) tersebut, telah terpilih 3 pemenang siswa SMK terbaik dan Juara pertama berhak mendapatkan hadiah utama sebesar Rp 4 juta serta hadiah tambahan untuk pemenang ranking 2 – 10 dengan total hadiah senilai Rp 20 juta rupiah, selain itu diberikan pula hadiah tambahan dari sponsor.

(bambang/sir)

Teks Gbr- Handy Hariko Senior Manager Technical Training Departement PT Astra Honda Motor (AHM) memeriksa salah satu peserta kontes keterampilan teknis untuk siswa SMK tingkat Nasional di Astra Honda Training Center, Jakarta. (ist/bambang)