Wednesday, 13 December 2017

26 Mantan TKI Asal Karawang Terjangkit AIDS

Sabtu, 14 Juli 2012 — 1:48 WIB
ilus26

KARAWANG (Pos Kota) – Sejumlah mantan Tenaga Kerja Indonesia asal Karawang dinyatakan positif mengidap Human Immunodeficiency Virus atau Acquired Immune Deficiency Syndrome(HIV/AIDS) usai menjalani pemeriksaan kesehatan ketika mereka akan kembali ke negara tujuan untuk menjadi TKI.

Hal ini terungkap saat diadakannya temu media dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Karawang yang diadakan Pantura Plus Foundation. Berdasarkan data dari Yayasan tersebut, dari tahun 2009 – 2011 ada 26 TKI yang pernah bekerja di Arab Saudi telah terinfeksi virus mematikan itu.

Mereka sebelumnya pernah bekerja di luar negeri namun sudah pulang, nah saat ingin bekerja kembali di sana mereka tidak lolos tes kesehatan, karena positif terjangkit HIV/AIDS.” ungkap Abdurachman, Direktur Pantura Plus Foundation.

Ditambahkan, fenomena terjangkitnya TKI ini akibat penularan virus tersebut sangat berpotensi terjadi lebih besar khususnya di negara-negara Arab, tambahnya.

Sementara itu, Iwan Somantri, dari Yayasan Kita-Kita juga menyebutkan ada sekitar 27 pelajar Karawang yang juga terjangkit HIV/AIDS, kita sudah punya data dari tahun 2006-2010. “Ada sekitar 27-an pelajar yang positif terjangkit.” ungkap Iwan. (nourkinan)