Saturday, 20 July 2019

Laporkan Korupsi ke KPK, Cukup SMS 1575

Senin, 16 Juli 2012 — 12:50 WIB
sms-sub

JAKARTA (Pos Kota) –  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kian mempersempit gerak para koruptor untuk melakukan aksinya.  Caranya cukup dengan SMS 1575, sehingga masyarakat yang mengetahui kasus korupsi bisa melapor ke KPK dengan mengirimkan SMS ke nomor tersebut.

KPK menandatangani MoU dengan 10 operator seluler yang ada di Indonesia. 10 Operator seluler yang bekerja sama dengan KPK yaitu Axis Telekom Indonesia, Bakrie Telecom Tbk, Hutchison cp telekomunikasi, Indosat Tbk, Sampoerna Telekomunikasi Indonesia, Smartfren Tbk, Smart Telecom Indonesia, Telkom Tbk, Telkom Seluler, XL Axiata Tbk.

“KPK bersama 10 operator seluler, yaitu PT Axis Telkom, PT Bakrie Telkom, PT Hut Cison Telekomunication, PT Indosat, PT Sampoerna Telekomunikasi, PT Smart Friend, PT Smart Telkom, PT Telkom, PT XL, dan PT Axiata sepakat untuk melayani masyarakat yang ingin melaporkan tindak pidana korupsi ke KPK lewat handphone-nya masing-masing,” kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjodjanto usai acara MoU tersebut di kantor KPK, Senin (16/7/2012).

Menurut Bambang, masyarakat bisa mengirimkan pengaduan itu ke nomor 1575. KPK akan menelaah setiap laporan yang dikirimkan  masyarakat ke nomor itu.

Menurut Bambang, pada hari ini pengguna layanan seluler mencapai 220 juta. Artinya, hampir rata-rata satu orang penduduk Indonesia menggunakan satu telepon seluler.

Soal keamanan pelapor, Bambang mengatakan sesuai dengan kesepakatan dan aturan undang-undang, operator tidak bisa membocorkan atau mempublikasikan pesan dari masyarakat tersebut. Masyarakat bisa melaporkan tentang adanya korupsi tanpa harus takut. “Pihak operator menjamin merahasiakan identitas dan isi laporan,” katanya.

(rizal/sir)

  • KPK korup atau tidak ?

    ribet banget harus sms… polisi korup di jalan sj ga di tuntas2…