Thursday, 20 September 2018

Di Sukabumi Jabar

Ratusan Hektar Lahan Pertanian Beralih Fungsi

Selasa, 17 Juli 2012 — 0:09 WIB
iluspuluhan

SUKABUMI (Pos Kota) – Sekitar 286, 5 hektar lahan pertanian di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat beralih fungsi. Umumnya lahan pertanian tersebut berubah menjadi lahan pemukiman, perusahaan dan lainnya. Kebanyakan, lahan pertanian beralih fungsi tersebar di wilayah utara Sukabumi.

Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (DPTP) Kabupaten Sukabumi, luas lahan pertanian saat ini mencapai 64.077 hektar. Sementara lahan yang beralih fungsi sekitar 286,5 hektar. Luasan lahan pertanian beralih fungsi ke non pertanian tersebar di lima zona pertanian.

Kepala DPTP Kabupaten Sukabumi, Sudrajat menjelaskan lahan pertanian di wilayahnya terbagi dalam tujuh zona. Lahan lahan pertanian yang beralih fungsi berada di lima zona yakni zona I, II, III, IV, dan VI.

Disebutkan Sudrajat, rincian zona pertanian itu adalah zona I seluas 150 hektar, II seluas 38 hektar, zona III seluas 60 hektare IV seluas 5 hektare, dan zona VI 33,5 hektar.

“Lahan pertanian mencapai 64.077 hektar tersebar di 47 kecamatan dan mayoritas merupakan sawah tadah hujan,” ujarnya.

Ditegaskan sudrajat, untuk meminimalisir beralihnya fungsi lahan pertanian DPTP gencar menyosialisasikan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2009 tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) dan penetapan LP2B dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW).

“Kita terus berupaya agar lahan pertanian tidak terus menyusut. Karena terjadinya penyempitan lahan pertanian berimbas ke produksi pertanian,” tandasnya. (sule)