Thursday, 15 November 2018

Sambut Ramadan, Ribuan Warga Pawai Tahrib

Rabu, 18 Juli 2012 — 15:40 WIB
Pawai Tahrib2-1

SUKABUMI (Pos Kota) – Puluhan warga Kota Sukabumi, Jawa Barat mengikuti Pawai Tahrib dengan cara mengelilingi kota, Rabu (18/7). Kegiatan ini merupakan acara tahunan untuk menyambut bulan suci Ramadan.

Puluhan warga mengikuti pawai Tahrib dengan cara mengelilingi kota untuk menyambut bulan suci Ramadan, Rabu (18/7). Foto: sule

Berdasarkan pantauan , sejumlah emelen masyarakat tampak antusias mengikuti pawai Tahrib ini. Mulai warga biasa, TNI, Polri, LSM, ormas dan OKP, serta pelajar tumpah ruah ke jalanan.

Sambil berjalan mereka mengajak warga untuk menghormati bulan puasa sebagai bulan suci. Mereka juga menghimbau agar masyarakat bisa saling menghormati dan menghargai antar umat beragama.

Sekretaris panitia pawai Tahrib, Ade Djuanda mengatakan, sedikitnya 22 ribu warga terlibat meramaikan acara pawai Tahrib ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan acara rutin tahunan untuk menyambut datangnya bulan puasa.

“Kegiatan ini tidak semata-mata pawai saja atau bentuk ungkapan rasa bahagia dengan datangnya Ramadhan 1433 H tetapi lebih kepada himbauan kepada masyarakat agar bisa saling menghormati dan menghargai kepada umat yang tengah melaksanakan ibadah puasa,” kata Ade kepada wartawan di sela-sela pawai Tahrib.

Melalui pawai ini, kata Ade, ada pesan moral yang disampaikan yakni agar setiap umat bisa menghargai mereka yang tengah beribadah. Dengan begitu, dalam pelaksanaanya nanti semua umat beragama akan terjalin toleransi antarumat beragama.

Sementara, Wakil Walikota Sukabumi, Mulyono menjelaskan pemkot sudah mengeluarkan edaran beberapa poin selama Ramadan. Tempat hiburan malam ditutup selama puasa, salah satunya.
“Kita mengharapkan, pelaksanaan Ramadan diisi dengan cara meningkatkan ibadah,” tegasnya. (Sule/dms)