Kamis, 19 Juli 2012 12:06:12 WIB

Awal Puasa Diumumkan Sore Ini

ufuk-barat

JAKARTA (Pos Kota) -Sekretaris Jenderal Kementeran Agama Bahrul Hayat meminta kepada semua pihak untuk saling menghormati apabila terjadi perbedaan dalam penetapan awal Ramadhan tahun ini. Pemerintah sendiri baru akan menetapkan awal Ramadhan lewat Sidang Itsbat (penentuan-red) yang akan digelar sore ini.

“Saya kira dengan saling menghormati mudah-mudahan akan tercipta  kondisi yang lebih baik. Jadi Ramadhan akan dimulai dengan
pilihan bagi warga masyarakat yang meyakini hari tertentu sebagai awal puasa,” papar Bahrul.

Itu disampaikan Bahrul usai menghadiri pengumuman pemerintah tentang hari Libur Nasional Tahun 2013, di Kantor Kementerian Kesejahteraan Rakyat, Jakarta, Kamis.

Bahrul menjelaskan pemerintah melalui Kementerian Agama akan menggelar Sidang Istbat yang akan dipimpin Menteri Agama
Suryadharma Ali dan mengundang seluruh organisasi kemasyarakatan Islam, termasuk dihadiri lembaga-lembaga terkait, yakni lembaga yang menangani astronomi juga diundang perwakilan negara-negara sahabat khususnya negara-negara yang mayoritas beragama muslim.

Saat ditanya apakah Muhammadiyah juga akan diundang?, Bahrul menjawab Muhammadiyah juga diundang untuk mengutus perwakilannya pada Sidang Istbat sore ini. Pemerintah tidak membeda-bedakan karena itu semua organisasi kemasyarakatan Islam diundang dan mudah-mudahan semuanya bisa hadir.

“Karena pemerintah ingin mendengar dari Badan Hisab Rukyat, ingin mendengar pandangan-pandangan dari organisasi kemasyarakat Islam, sehingga dapat diambil keputusan yang terbaik tentang penetapan awal puasa tahun ini,” papar Bahrul.

Untuk diketahui, pemerintah akan menggelar Sidang Istbat pada sore ini  yang bertempat di Kantor Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta.

(johara/sir)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.