KPUD Bekasi Validasi Pemilih Pemilukada

Kamis, 19 Juli 2012
KPU-Logo

BEKASI (Pos Kota) -  Jumlah pemilih di Kota Bekasi untuk Pemilukada  mencapai 1.720.908 jiwa. Komisi Pemilihan Umum daerah ( KPUD)  segera melakukan validasi untuk ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT).

Ketua KPU Kota Bekasi Hendy Irawan mengatakan, DP4 segera dibagi ke petugas validasi sampai ke tingkat kelurahan. “Kami berharap kisruh DPT seperti di DKI Jakarta bisa diminimalisir, seperti masalah data ganda, orang meninggal, dan pindah domisili,” katanya.

Menurut Hendy, Pemerintah Kota Bekasi memastikan tidak ada masalah pada DP4 yang telah diserahkan ke KPU. “Dengan begitu DPT juga tak akan ada masalah, sehingga Pilkada di Kota Bekasi lebih baik,” katanya.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, seharusnya DP4 menggunakan data elektronik Kartu tanda penduduk (e-KTP), namun belum bisa terwujud karena print data masih ada di Kementerian Dalam Negeri. “Pemerintah memohon maaf karena e-KTP tak bisa dipakai sebagai data pemilih,” kata Rahmat.

Rahmat memerintahkan semua instansi terkait dapat bermitra dengan KPU, sehingga verifikasi data berjalan bagus dan tidak merugikan penduduk.

Selain penyerahan DP4, KPU juga melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi terkait pengamanan Pilkada, dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terkait pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah.

Ketua IDI Kota Bekasi Antony D. Tulak, mengatakan pemeriksaan calon kepala daerah akan dilakukan tim dokter Rumah Sakit Angkatan Darat (RSAD) Gatot Subroto, Jakarta. “Kami sudah MoU dengan tim dokter,” kata Antony.

Pemeriksaan kesehatan dari bagian kepala sampai kaki. Kemudian tanya jawab, pemeriksaan jantung, dan tes kesehatan jiwa. Kemudian koordinasi keseimbangan hidung, telinga, tenggorokan.

Kepala Polres Metropolitan Bekasi Kota Komisaris Besar Priyo Widianto, mengatakan sekitar 1.100 personil yang dikerahkan mengamankan Pilkada Kota Bekasi.

“Siapapun yang mencoba menciptakan kondisi tidak aman maka menjadi musuh bersama, dan akan berhadapan dengan penegak hukum. Polres bertanggungjawab terhadap seluruh rangkaian pengamanan pelaksanaan Pilkada,” kata Priyo. (Dieni/dms)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.