Wednesday, 19 September 2018

Puasa Adalah Perisai

Kamis, 19 Juli 2012 — 15:28 WIB

Assalamu`alaikum Wr Wbr
Rasulullah SAW Bersabda: “Puasa adalah perisai. Dengannya seorang hamba melindungi dirinya dari api neraka.” (HR Ahmad). Dan  Rasulullah SAW bersabda: “Wahai, sekalian anak muda, barang siapa di antara kalian mampu, hendaklah dia menikah, karena sesungguhnya menikah itu lebih menundukkan pandangan dan lebih tangguh memelihara kemaluan, barang siapa tidak mampu, hendaklah dia berpuasa karena puasa bisa menjadi perisai baginya.” (HR Bukhori-Muslim).

Dalil ini menunjukkan bahwa puasa adalah perisai seorang mukmin. Sebab puasa dapat menahan kekuatan anggota tubuh dan syahwatnya tidak lepas kendali. Sesungguhnya, puasa memiliki pengaruh yang dahsyat untuk memelihara fisik dan kekuatan bathin.

Dengan demikian, banyak hadits yang secara tegas menyebutkan bahwa puasa merupakan perisai yang melindungi hamba dari api neraka. Untuk itulah, ibadah puasa sangat besar keutamaannya, selain  bertabur pahalanya yang langsung diberikan Allah SWT, juga mengandung makna ibadah untuk merasakan penderitaan orang tak punya.

Saudaraku…
Mari kita bersama-sama merebut pahala ibadah puasa ini dengan sempurna. Dengan memperbanyak amal ibadah, kita bersihkan niat dan berharap memperoleh kekuatan dan kesehatan untuk mengamalkan ibadah Ramadhan dengan hati penuh ikhlas. Insya Allah, kita semua, termasuk pembaca mendapat Ridho Allah SWT.

Wassalam
syamsir_bastian@yahoo.com