Tuesday, 20 August 2019

Amankan Mudik Lebaran Polda Banten Turunkan 2.725 Personil

Jumat, 20 Juli 2012 — 1:24 WIB
iluspolda

SERANG (Pos Kota) – Sebanyak 2.725 personil Kepolisian Daerah (Polda) Banten disiapkan untuk mengamankan arus mudik maupun arus balik menjelang Lebaran tahun ini. Pengamanan tersebut, dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan kemanan bagi warga yang akan mudik pada lebaran mendatang.

Kapolda Banten, Brigjen Eko Hadi Sutedjo, menyampaikan itu saat melakukan rapat kordinasi bersama seluruh intansi yang terlibat dalam pelaksanaan operasi ketupat di Hotel Le Dian, Kota Serang. Hadir Dinas perhubungan, Dinas Kesehatan dan sejumlah intansi terkait di Provinsi Banten.

“Rapat kordinasi ini untuk mengetahui persoalan dan solusi masing-masing instansi dalam penanganan arus mudik dan balik lebaran,” ujar Brigjen Eko Hadi Sutedjo.

Menurut Kapolda, selain persiapan pengamanan pihaknya juga mengantisipasi keamanan menjelang Puasa . Dimana sebagai pelayan keamanan pihak Kepolisian juga dituntut untuk memberikan kenyamanan bagi umat muslim yang akan menjalankan ibadah puasa.

“Kita juga menyiapkan pengamanan selama puasa, dimana banyak kegiatan yang dilakukan selama bulan puasa, seperti tarling dan rumah kosong yang ditinggalkan pemiliknya untuk ibadah solat tarawih,” katanya.

Selain itu, lanjut Kapolda, saat arus mudik Lebaran, Polda Banten juga sudah mengidentifikasi beberapa titik yang dipastikan menjadi daerah rawan kemacetan, dimana Provinsi Banten sebagai daerah perlintasan bagi pemudik yang akan melakukan penyeberangan ke Sumatera.

“Salah satu titik yang menjadi perhatian kami dalam pengamanan arus balik adalah pasar tumpah di sepanjang jalur Serang-Jakarta dan Cilegon-Serang, ini yang akan menjadi perhatian serius untuk memberikan kenyamaman bagi pemudik,” ujarnya.

Jumlah personil yang akan diterjunkan dalam persipan pengamanan arus mudik lebaran tahun ini Polda Banten menrjunkan 2.725 personil, dengan estimasi kekuatan 547 personil dari Polda Banten, 700 Polres Serang, 525 Polres Cilegon, 410 orang dari Polres Pandeglang dan sisanya 543 dari Polres Lebak. (haryono)