Sunday, 23 September 2018

Puasa Itu Sehat

Jumat, 20 Juli 2012 — 8:59 WIB

Assalamu`alaikum Wr Wbr
PUASA itu lebih baik karena banyak manfaatnya. Satu di antaranya adalah bidang kesehatan, baik kesehatan fisik dan rohani. Begitulah nikmatnya berpuasa, selain menunaikan perintah Allah SWT, juga terkandung nilai-nilai kesehatan yang hakiki pada diri manusia. Bahkan puasa sudah banyak dibuktikan secara medis. Seorang pasien sebelum operasi selalu dianjurkan puasa lebih dulu. Maknanya apa? Sesungguhnya puasa itu mengandung nilai-nilai kesehatan.

Dalam perspektif ilmu kesehatan, puasa memiliki manfaat yang cukup luar biasa terhadap tubuh seseorang, antara lain, puasa merupakan media untuk membersihkan tubuh dari segala sesuatu yang rawan bakteri/penyakit. Katakanlah, dalam setahun sebanyak 12 bulan, satu bulan di antaranya digunakan untuk `istirahat`. Organ tubuh cuti tidak mengolah makan dan minum selama sehari, karena pemilik tubuh sedang puasa. Dengan demikian, puasa akan menyegarkan organ-organ pencernaan dan penyerapan manusia.

Kemudian, puasa merupakan salah satu faktor peremajaan, karena telah menservis sel-sel tubuh. Dengan demikian, puasa akan menumbuhkan kehidupan dan vitalitas baru buat manusia.

Sungguh banyak kemikmatan yang diperoleh dalam ibadah puasa. Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT: “….Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS Al Baqoroh 184).

Jelaslah bahwa puasa akan memberikan pengaruh positif berupa kesehatan jasmani dan rohani. Hal ini tidak hanya dinyatakan oleh  Rasulullah SAW, namun sudah dibuktikan oleh kalangan dokter dan ahli kesehatan dunia. Intinya adalah, kalangan ahli kesehatan dunia berpendapat bahwa pada saat-saat tertentu, perut harus diistirahatkan dari bekerja yakni memperoses makanan yang masuk, sama halnya ibarat mesin memerlukan istirahat.

Dalam konsepsi Islam, isi perut harus dibagi tiga, seperti tiga untuk makan, sepertiga untuk air dan sepertiga untuk udara.

Saudaraku….
Melalui ibadah puasa ini, mari kita jaga kesehatan fisik dan rohani kita. Insya Allah…

Wassalam
syamsir_bastian@yahoo.com