Wednesday, 19 September 2018

BNPP-TKI Safari Ramadhan

Sabtu, 21 Juli 2012 — 16:47 WIB
jumhur hidayat

JAKARTA (Pos Kota) –  Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia mengadakan Safari Ramadhan pada 24 Juli-3 Agustus 2012 ke wilayah Sumatera..

“Safari Ramadhan ini adalah kegiatan tahunan untuk kali kelima sejak 2008, dengan tema Sinergi Pelayanan TKI di Perbatasan,” jelas Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh. Jumhur Hidayat, Sabtu (21/7).

Penyelenggaraan safari ramadhan selama sebelas hari idi Provinsi Sumatera tersebut, lanjutnya, di Sumatera Utara, Nanggroe Aceh Darussalam, Riau, serta Kepulauan Riau.

Jumhur mengatakan  Safari Ramadhan untuk memberi perhatian langsung pada permasalahan TKI maupun keluarganya. “Dalam Safari Ramadhan itu juga diadakan pertemuan dengan pemangku kepentingan TKI dan unsur pemerintah di daerah yang bertugas melayani keberadaan TKI dan keluarganya.”

Dengan Safari Ramadhan, lanjutnya,  BNP2TKI banyak mendapat berbagai masukan untuk upaya perbaikan kebijakan pelayanan TKI.  Kegiatan itu menjadi forum sosialisasi yang tepat terkait dengan program penempatan dan perlindungan TKI dengan melibatkan pemda provinsi dan kabupaten/kota, calon TKI, mantan TKI, keluarga TKI, PPTKIS (Pelaksana Penempatan TKI Swasta), serta elemen masyarakat peduli TKI.

“Safari Ramadhan juga menjadi ajang koordinasi atau sinergi program bersama instansi pelayanan TKI daerah, yaitu pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, bahkan tidak jarang melibatkan unsur kecamatan dan perangkat desa,” tuturnya.

Jumhur juga akan meninjau  kantong-kantong TKI di pedesaan, kunjungan ke Balai Latihan Kerja Luar Negeri, dan dialog dengan TKI sukses. “Semua program BNP2TKI dan khususnya kegiatan Safari Ramadhan dilakukan untuk membangun kemartabatan TKI, sekaligus peningkatan ke arah kualitas hidup beserta keluarganya,” kata Jumhur.(Tri/dms)