Saturday, 18 August 2018

Buka Puasa Bukti Kekuatan Islam

Sabtu, 21 Juli 2012 — 17:47 WIB

Assalamu`alaikum Wr Wbr.
Berbuka puasa merupakan pembeda puasa umat Islam dengan umat sebelumnya. Nabi Muhammad SAW melarang umatnya puasa tanpa berbuka.

Dari Ibnu Umar RA (menceritakan): “Bahwa Nabi SAW melarang puasa tanpa berbuka. Mereka berkata, “Sesungguhnya Engkau (Nabi) puasa tanpa berbuka. ‘Nabi menjawab: “Sesungguhnya keadaanku tiada sama dengan kamu, aku diberi makan dan diberi minum.” (HR Muslim).

Pelajaran yang bisa diambil adalah  menyegerakan berbuka puasa. Yakni membatalkan puasa dengan minum atau makan sekadarnya. Hikmah lain melalui buka puasa dalam waktu tertentu, sebenarnya menunjukkan bahwa umat Islam itu kuat dan bersatu.

Ini tergambar dalam waktu hampir bersamaan, misalnya pada pukul 17:56 Wib, seluruh umat Islam di Wilayah Indonesia Barat (WIB), makan dan minum serentak meski di tempat berbeda. Inilah buktinya bahwa umat Islam itu  kompak dan  kuat serta mampu mendisiplinkan diri demi waktu.

Persoalannya adalah, gambaran berbuka puasa kurang terwujud dalam kehidupan sehari-hari umat Islam. Terkadang kita kompak saat ibadah, tapi begitu selesai, persaudaraan sesama Islam rapuh dan mudah bercerai-berai.

Saudaraku seiman….
Mari kita introspeksi diri.

Wassalam
syamsir_bastian@yahoo.com