Monday, 19 November 2018

Polresta Depok Bentuk Da`i Kamtibmas

Sabtu, 21 Juli 2012 — 15:32 WIB
angga-sub

DEPOK (Pos Kota) – Menjaga kamtibmas pada bulan Ramadhan, Kapolresta Depok, Kombes Pol Mulyadi Kaharni, beserta Kasat Bimas, Kompol Nunung memberikan pelatihan untuk membentuk Da’i Kamtibmas ikut serta menjaga keamanan lingkungan.

Da’i Kamtibmas nantinya diharapkan memberi informasi terhadap warga sekitar, untuk ikut menjaga keamanan lingkungannya supaya tidak terjadi tindakan kriminal.

“Pelatihan ini sifatnya penyegaran, karena telah lama tidak disumberdayakan dalam Polmas khususnya jajaran Polres Polda Metro Jaya,’ujar Mulyadi kepada Pos Kota, di Polresta Depok,  Sabtu (21/7/2012).

Sebanyak 28 ulama dari tujuh wilayah polsek mengikuti acara ini. “Ulama dan juga tokoh agama adalah corong dan tangan panjang dari Polri guna memberikan informasi tentang kamtibmas,” kata kapolres.

Mulyadi mengatakan, pada Salat Terawih para ulama da’i dapat memberikan penyampaian kultum berupa pesan kamtibmas. Tidak hanya itu, setiap Kapolsek yang ada diwilayah wajib untuk mengadakan terawih keliling (Tarling). “Tarling paling tidak diadakan dua kali dalam seminggu, diisi dengan tausiah dan kultum berisi tentang cerita dari arah permasalahan kamtibmas yang sering banyak terjadi di lingkungan,” paparnya.


“Paling tidak dapat meminimalisir angka kejadian kriminalitas menjelang bulan puasa. Peran serta ulama dan tokoh agama sebagai corong polri sangat membantu dalam menjaga kamtibmas.”

Sementara itu, Kanit Bimas Cimanggis, AKP Amat Sodikun mengatakan sangat mendukung perihal tentang pendekatan ulama sebagai Da’i Kamtibmas. “Kapan saja kriminalitas dapat datang sewaktu-waktu, dari memberikan informasi tentang gangguan kamtibmas yang sering terjadi di lingkungan sangat penting dapat mengingatkan warga setidaknya.”

(angga/sir)

Teks Gbr- Kapolresta Depok, Kombes Pol Mulyadi Kaharni, berfoto bersama da`i Kamtibmas. (angga)